Petani garam/Ilustrasi
Travel

Wisata Garam? Kenapa Tidak

Rustam Agus
Sabtu, 25 Maret 2017 - 17:01
Bagikan

Bisnis.com, PAMEKASAN--Berbagai terobosan destinasi wisata baru memang patut dirintis.

Jika selama ini sudah dikenal wisata menjelajahi areal persawahan, mengapa tidak dengan areal garam yang tak kalah menarik untuk dijelajahi di sentra-sentra pembuatannya.

PT Garam berencana mengembangkan objek wisata garam di Pamekasan, Jawa Timur, sebagai wisata pendidikan bagi masyarakat di wilayah itu.

"Objek wisata garam akan kami kembangkan di lahan pegaraman di Kecamatan Pademawu, Pamekasan," kata Direktur PT Garam Ahmad Budiono kepada Antara di Pamekasan, Sabtu.

Ia menjelaskan objek wisata itu mengenai cara menangkap "lorjuk", yakni makanan khas Pamekasan yang sudah dikenal di luar Madura.

"Masyarakat sudah mengenal rengginan lorjuk, campur lorjuk dan petis lorjuk. Akan sangat mendukung apabila kami kembangkan objek wisata pendidikan yang memberitahukan kepada masyarakat tentang bagaimana cara menangkap lorjuk ini," kata Budiono.

Hal ini, sambung dia, sekaligus sebagai upaya untuk mendukung pengembangan objek wisata di Kabupaten Pamekasan.

Jenis objek wisata ini, kata dia, sekaligus sebagai upaya bagi masyarakat Pamekasan untuk mengenalkan proses produksi garam kepada masyarakat.

"Kan masih banyak masyarakat Pamekasan dan Madura yang belum mengetahui bagaimana proses produksi garam," katanya.

Ahmad Budiono lebih lanjut menjelaskan upaya mengembangkan wisata garam oleh PT Garam itu juga sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat Madura agar mereka bisa mengetahui proses itu, sekaligus bisa menjadi wisata pendidikan bagi siswa-siswa di Madura tentang proses produksi garam.

Program ini juga dalam rangka mendukung program kampanye "Ayo Mampir Pamekasan" yang digelar kelompok masyarakat dan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan.

Selain di Pamekasan, PT Garam juga mulai mengembangan wisata garam yakni di lahan pegaraman Gresik Putih, Sumenep.

"Kalau yang di Sumenep kami berupaya bisa menjadi tujuan objek wisata di tahun kunjungan wisata yang akan digelar Pemkab Sumenep pada 2018," tutur Ahmad Budiono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro