Umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi di Candi Prambanan/Jibiphoto-Agoes Rudianto
Travel

Hotel di Bali Dilarang Jual Paket Wisata Nyepi

Newswire
Selasa, 21 Maret 2017 - 14:08
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengingatkan pihak manajemen hotel di Pulau Dewata untuk tidak menjual paket wisata Nyepi kepada para wisatawan terkait dengan hari suci yang jatuh pada 28 Maret 2017 itu.

"Nyepi itu hari raya yang sakral, sebaiknya jangan dijual-jual lah. Saya lihat PHDI juga sudah mengingatkan. Ini bukan jualan, ini hari raya yang sakral. Oleh karena itu, apapun, semangat menjual itu mestinya nggak boleh," kata Pastika di sela pelaksanaan Musrenbang RKPD Provinsi Bali 2018, di Denpasar, Selasa (21/3/2017).

Menurut dia, pihak hotel seharusnya menyesuaikan, dengan turut mematikan lampu atau menggunakan penerangan yang minimum, jangan justru membuat hingar-bingar dengan menghidupkan musik.

"Tetapi kalau bisa rayakan dengan yang seperti kita merayakan. Jangan di hotel malah pesta-pesta, itu tidak boleh. Jadi, saya harapkan hotel-hotel juga menyesuaikan, minimum suara, minimum lampu, beritahulah sama tamunya. Saya yakin mereka menghargai," ujar Pastika.

Gubernur sangat tidak setuju kalau manajemen hotel mencari keuntungan dengan menjual paket Nyepi karena masih banyak alternatif "jualan" lainnya yang bisa dilakukan setelah hari Nyepi berlalu.

Selain itu, dia pun mengaku tidak setuju kalau ada umat Hindu Bali justru merayakan Nyepi dengan berlibur di hotel. "Siapa yang menghormati kita kalau bukan kita sendiri," ucapnya.

Orang nomor satu di Bali itu menambahkan, jika sampai ada pihak hotel yang melanggar imbauan tersebut agar pecalang (petugas pengamanan adat) di seputaran hotel dapat melakukan teguran langsung. ".Jangan terus bangga malah diajak keliling-keliling tamunya, itu juga salah," katanya.

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Bali Prof Dr I Gusti Ngurah Sudiana mengatakan dalam Nyepi tahun ini PHDI akan menerapkan pengawasan yang lebih ketat.

Apabila ada hotel yang diketahui menyajikan paket Nyepi, maka pihak manajemen hotel yang bersangkutan akan dipanggil dan disidangkan. Dengan demikian, nanti pihak pemerintah bisa menjatuhkan sanksi yang sesuai dengan ketentuan.

"Imbauan kami ini sudah sejak tiga tahun lalu. Kami juga sudah punya mata-mata di setiap hotel, kami libatkan juga orang-orang hotelnya sendiri. Nanti, akan kami minta untuk kirimkan informasi dan kirimkan foto-fotonya. Kalau kedapatan, akan kami panggil manajer hotelnya dan manajemennya dan kita sidangkan, apa maksudnya mereka melakukan itu," ujar Sudiana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro