Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Momen Gubernur Bali & Raja Salman Kenakan Busana Raja

Bagi Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, pakaian yang digunakan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud yang berwisata ke Bali pada 4-12 Maret 2017 itu menunjukkan kekhasan suatu tokoh negara yang patut diteladani.
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al Saud (kedua kiri) menaiki pesawat di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Minggu (12/3). /Antara
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al Saud (kedua kiri) menaiki pesawat di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Minggu (12/3). /Antara

Bisnis.com, DENPASAR - Bagi Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, pakaian yang digunakan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud yang berwisata ke Bali pada 4-12 Maret 2017 itu menunjukkan kekhasan suatu tokoh negara yang patut diteladani.

"Karena itu, saat mengantar kepulangan Raja Salman (12/3/2017) di Bandara Ngurah Rai, saya mengenakan pakaian raja juga (maksudnya, pakaian adat/tradisional Bali)," ucapnya.

Dalam pertemuan dengan awak media di ruang pertemuan Biro Humas dan Protokoler Pemprov Bali, mantan Kapolda Bali itu mengaku kalangan tertentu memprotes pakaian adat Bali yang dikenakan saat mengantar sang raja itu.

"Saat itu, semua pejabat memang mengenakan drescode, pakai jas, tapi saya justru mengenakan pakaian Raja Bali, karena saya juga ingin menghormati tradisi Raja Bali dengan menunjukkan kepada Raja Salman," tutur gubernur dua periode itu.

Meski diprotes kalangan tertentu, dirinya tetap merasa percaya diri.

"Pariwisata itu intinya membuat orang nyaman berada di daerah kita, karena Bali itu juga dikenal dengan budaya-nya, maka saya menghormati budaya sini dengan mengenakan pakaian itu," tukasnya.

Ketika menjamu para awak media untuk makan bersama itu, Gubernur Mangku Pastika yang juga putra kelahiran Buleleng, Bali itu menyatakan kedatangan Raja Salman ke Bali memberi manfaat yang cukup besar untuk dunia pariwisata di Pulau Dewata.

"Dampaknya cukup besar untuk pariwisata kita, karena secara finansial bisa saja dihitung setiap orang mengeluarkan dana Rp10 juta per hari, lalu dikalikan 1.500 orang dan dikalikan sembilan hari, tentu triliunan. Belum lagi sewa mobilnya dan keperluan lainnya," kilahnya.

Tak Mengganggu

Lulusan terbaik di Akabri Kepolisian (1974) itu menegaskan bahwa dirinya tidak memanfaatkan kedatangan Raja Salman untuk kepentingan investasi ekonomi di provinsi yang dipimpinnya.

"Saya tidak ingin mengganggu Raja Salman dengan kepentingan lain, karena beliau datang memang untuk berlibur, maka kewajiban kita hanya membuat dia nyaman dan suka dengan Bali. Kalau raja merasa nyaman saja sudah lebih dari cukup," ungkapnya.

Bahkan, ia akan melakukan kajian untuk mendorong kunjungan masyarakat Timur Tengah untuk berwisata ke Bali.
"Kunjungan wisata Raja Salman itu menjadi momentum bagi kita untuk menarik wisatawan Timur Tengah ke Bali. Kalau Raja Salman saja senang, apalagi rakyatnya," urainya.

Oleh karena itu, Gubernur Mangku Pastika berencana melakukan evaluasi sejumlah objek wisata pasca-wisata Raja Salman itu.

"Kita perlu benahi infrastruktur ke lokasi wisata, kita perlu evaluasi hotel dengan belajar pada hotel yang ditempati Raja Salman, dan objek wisata yang ada juga dibenahi, misalnya pantainya harus bersih dan hijau," tukasnya.

Tidak hanya itu, tokoh peraih penghargaan "Officer of the Order of Australia" atau AO (2003) itu mengharapkan generasi muda Bali menata dirinya dengan kepandaian dalam berbahasa asing dan berkomunikasi yang baik untuk "menjual" pariwisata Bali ke depan secara lebih menjanjikan lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler