Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Turis China Banjiri Manado

Inisiatif Provinsi Sulawesi Utara menggaet turis asing dengan membuka penerbangan langsung ke Manado menuai hasil positif. Per Januari 2017, Badan Pusat Statistik (BPS) melansir jumlah kunjungan turis asing melonjak.
Turis China/Antara
Turis China/Antara

Bisnis.com, MANADO - Inisiatif Provinsi Sulawesi Utara menggaet turis asing dengan membuka penerbangan langsung ke Manado menuai hasil positif. Per Januari 2017, Badan Pusat Statistik (BPS) melansir jumlah kunjungan turis asing melonjak.

Mohamad Edy Mahmud, Kepala BPS Sulawesi Utara, mengatakan jumlah turis asing didominasi China sebanyak 6.757 orang atau 82% terhadap total kunjungan wisatawan asing ke Bumi Nyiur Melambai.

Jumlah muhibah pelancong mancanegara ke Sulut naik dua kali lipat dibandingkan dengan Desember 2016. Bila dibandingkan secara tahunan, kunjungan turis asing ke Sulawesi Utara naik 12 kali lipat.

"Ini tidak terlepas adanya penerbangan langsung ke Manado. Selain itu ada beberapa event besar seperti Christmas Festival dan Cap Go Meh di Januari," jelasnya di Manado, Rabu (1/3/2017).

Sejak tahun lalu Bandara Sam Ratulangi di Manado sudah menerapkan kebijakan bebas visa untuk 169 negara. Pada tahun lalu, ada delapan penerbangan carter langsung dari China dan satu penerbangan regular langsung dari Singapura.

Alhasil, berkat penerbangan international langsung ke Manado dan juga kebijakan bebas visa, kunjungan wisatawan melalui Bandara Sam Ratulangi tumbuh 108,7% menjadi 40.624 orang.

Pertumbuhn tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan 18 pintu masuk lainnya. Secara rata-rata kunjungan turis asing di 19 pintu masuk tumbuh 11,41% menjadi 10,57 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler