Danau Toba/ Indonesia Travel
Travel

Samosir Luncurkan 10 Agenda Wisata Unggulan

Amanda Kusumawardhani
Jumat, 24 Februari 2017 - 15:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Samosir meluncurkan 10 kegiatan wisata unggulan dalam kalender wisata yang akan berlangsung sepanjang tahun ini.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, kesepuluh agenda wisata tersebut dikemas dengan tajuk Horas Samosir Fiesta 2017.

"Untuk mendorong kesuksesan acara ini, kami meluncurkan Horas Samosir Fiesta 2017 di Jakarta. Pada tahun-tahun sebelumnya, kami meluncurkannya di Medan," ucapnya, mengutip keterangan resmi, Jumat (24/2/2017).

Selain itu, pihaknya telah mengemas acara ini dengan skala internasional supaya dapat mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Samosir.

Adapun, sepuluh acara unggulan tersebut antara lain Festival Pasir Putih (25 Maret 2017), Festival Gondang Naposo (29-30 April), Samosir Band Festival (12-13 Mei), Batak Fiesta, (27-29 Juni), Horja Bius Mangalahat Horbo ( 7-8 Juli), Samosir Music International (12 Agustus), Samosir Lake Toba Ultra Marathon (22-23 September), Samosir Jazz Season (28 Oktober), Sigalegale Carnival (25 November), dan Festival Sipinggan (28 Desember).

Pada saat yang sama, Kementerian Pariwisata meyakini kalender wisata yang memuat 10 acara unggulan itu berdampak positif terhadap upaya pencapaian target wisman ke Samosir.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Samosir menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 200.000 pada tahun ini.

Upaya tersebut sekaligus dapat berkontribusi terhadap program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia yang menargetkan 15 juta kedatangan wisman dan 265 juta wisatawan nusantara pada 2017.

“Pemerintah telah menetapkan Danau Toba sebagai satu di antara 10 destinasi prioritas. Saat ini, pemerintah tengah melakukan percepatan pembangunan pariwisata Danau Toba yang akan menjadi destinasi kelas dunia berdaya saing global," ucap Esthy Reko Astuty, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara.

Esthy menyebut, keindahan alam dan budaya masyarakat Danau Toba memiliki keunggulan sebagai destinasi kelas dunia. Hal itu harus didukung dengan fasilitas aksesibilitas dan amenitas yang memadai sebagai pendukung unsur 3 A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibiltas) sebagai tolok ukur.

“Peluncuran Events Horas Samosir Fiesta 2017 merupakan upaya meningkatkan unsur atraksi untuk mendukung unsur amenitas dan aksesibiltas yang saat ini terus ditingkatkan,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro