Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) didampingi Istri, Mufidah Jusuf Kalla melihat panorama Danau Toba, di Simalungun, Parapat, Sumatera Utara, Sabtu (30/7). Pemerintah menjadikan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 tujuan wisata prioritas di Indonesia. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
Travel

Sumut Agar Fokus Kembangkan Kawasan Wisata Danau Toba

Rio Sandy Pradana
Kamis, 16 Februari 2017 - 16:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah Provinsi Sumatera Utara diminta fokus mengembangkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi unggulan pariwisata guna mengurangi ketimpangan sosial.

Presiden Joko Widodo mengatakan ‎Danau Toba merupakan potensi ekonomi yang bisa digerakkan secara maksimal.

Pengembangan, lanjutnya, bukan hanya berupa akses transportasi, tetapi penataan kawasan, infrastruktur penunjang seperti hotel dan restoran, memperbanyak atraksi kebudayaan, hingga peningkatan sumber daya manusia.

"Pengembangan wisata juga perlu memperhatikan sektor UMKM, dengan seperti itu bisa berkontribusi untuk pengurangan kemiskinan, pengangguran, dan memperkecil ketimpangan sosial," ujar Jokowi dalam pengantar rapat koordinasi terbatas Evaluasi Pelaksanaan Proyek strategis Nasional dan Program Prioritas, Kamis (16/2/2017).

Selain pariwisata, Sumut bisa dikembangkan menjadi hub internasional yang mampu menggerakkan‎ perekonomian wilayah lain. Terlebih, posisinya yang strategis di jalur pelayaran internasional antara Malaysia, Singapura, dan Thailand menjadi faktor penunjang.

Dia berpendapat kuncinya adalah pembangunan infrastruktur mulai dari bandara, pelabuhan, hingga jalan tol. Dalam ratas tersebut, Jokowi bersama kementerian terkait dan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi membahas mengenai penyelesaian hambatan yang ada.‎

Menurutnya, kesiapan infrastruktur bisa mempercepat pengembangan kawasan ekonomi khusus di Sei Mangke maupun kawasan industri lain yang sedang dipersiapkan sebagai mesin pertumbuhan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro