Kolam pemandian di Pura Mengening, Gianyar/Bisnis.com-Natalia Indah Kartikaningrum
Travel

Pura Mengening, Tempat untuk Membersihkan Diri

Natalia Indah Kartikaningrum
Rabu, 15 Februari 2017 - 22:33
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Pulau Bali tak hanya menawarkan destinasi wisata pantai maupun pemandangan alam saja, namun juga menawarkan wisata spiritual.
Seperti Pura Mengening yang terletak di Desa Saraseda, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

Suasana di dalam pura tersebut sangat sejuk dan asri. Di dalamnya terdapat kolam yang bisa digunakan untuk pembersihan diri, yang terbagi menjadi 2 yaitu kolam pemandian khusus bagi kaum laki-laki dan khusus bagi perempuan.

Selain itu, pura tersebut juga digunakan sebagai tempat untuk meminta tirtha atau air suci yang digunakan upacara bagi umat Hindu Bali.

Sebelum memasuki kolam pemandian, pengunjung disarankan untuk menggunakan kain atau kamen, kemudian pengunjung harus menuruni beberapa anak tangga menuju kolam tersebut.

Setiap sore hari, banyak masyarakat lokal yang berkunjung ke pura tersebut untuk mandi atau melakukan pembersihan diri. Pada hari-hari raya tertentu banyak umat Hindu Bali yang datang ke pura untuk melukat atau membersihkan diri dari kotoran [hal-hal jahat].

Kumala, salah satu pemudi yang tinggal di dekat pura mengaku, hampir setiap sore mengunjungi pura untuk mandi bersama dengan teman-temannya maupun dengan keluarga.

“Hampir setiap hari saya kesini dengan teman-teman untuk mandi karena suasananya sangat sejuk dan airnya pun sangat segar. Selain itu, saya juga sangat suka suasana di dalam pura ini yang damai dan hening,” ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (14/2/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro