Ilustrasi: Rendang/Istimewa
Kuliner

Promosi Kuliner: Warga Norwegia Sukai Masakan Pedas Khas Minangkabau

Newswire
Rabu, 18 Januari 2017 - 09:59
Bagikan

Bisnis.com, LONDON - Promosi kuliner untuk menarik minat wisatawan Eropa berkunjung ke Indonesia dilakukan di Norwegia.

KBRI Norwegia bersama Pemda Sumatra Barat dengan tim kuliner Pemprov Sumbar dipimpin langsung juru masak Iswarni dari Kabupaten Padang Pariaman yang merupakan pemilik restauran Inyak di Padang mempromosikan kuliner Minangkabau di Oslo.

Selain promosi kuliner juga digelar Tari Pasambahan membuka gathering yang dibalut dengan tema West Sumatera - Cultural Performances and Culinary di Wisma Duta Indonesia, Oslo, Norwegia, demikian Pensosbud KBRI Oslo, Dilla Trianti kepada Antara London, Rabu (18/1/2017).

Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, memboyong seluruh anggota tim misi investasi dan budaya provinsi tersebut ke Wisma Duta, sehari setelah pelaksanaan pameran Reiselivsmessen di Oslo.

Acara dikemas secara khusus dengan mengundang tamu-tamu yang berhubungan erat dengan dunia kuliner dan pariwisata serta pecinta Indonesia di Norwegia, di antaranya International Forum (woman's club di Oslo), Museum Group. Selain itu, wartawan, biro perjalanan, juru foto wisata, travel blogger, food blogger, seniman, dan akademisi. Juga hadir sejumlah istri duta besar asing di Oslo.

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan ucapan terima kasih atas upaya Dubes RI untuk Kerajaan Norwegia, Yuwono A. Putranto, yang secara gencar mempromosikan potensi Sumatra Barat, baik investasi maupun budaya di Norwegia.

Gubernur juga secara singkat memberikan informasi mengenai keindahan alam Sumatra Barat kepada para tamu undangan dan mengajak untuk melihat secara langsung potensi dan keindahan tersebut melalui kunjungan ke Sumatra Barat.

Ajang promosi yang diselenggarakan secara berturut-turut sejak dimulainya pameran Reiselivsmessen 2017 ini, merupakan komitmen KBRI Oslo untuk meningkatkan kehadiran Indonesia di Norwegia melalui diplomasi kebudayaan.

KBRI mengundang para tamu untuk menyaksikan dari dekat dan menikmati kuliner Minangkabau dengan juru masak dan bumbu-bumbu didatangkan langsung dari Padang, "Kami ingin memperkenalkan kuliner Minangkabau rasa autentik yang tetap dapat diterima serta dinikmati lidah publik Norwegia, dan ternyata berhasil," ujar Dubes Yuwono.

Acara ini juga dimeriahkan penampilan tim kesenian.

Makanan Pedas Disukai

Kepada para undangan diperkenalkan kekhasan kuliner Minangkabau, juga diperlihatkan video cara memasak rendang. Para tamu undangan juga diajak mencicipi secara langsung kuliner Minangkabau setelah rangkaian acara gathering selesai.

Rendang, udang balado dan sate padang menjadi bintang utama selain suguhan berbagai penganan khas Indonesia lainnya.

Sajian yang disuguhkan tim kuliner dan chef Wisma Duta pun ludes disantap undangan. Meskipun hampir semua menu disajikan dengan rasa pedas yang autentik layaknya nasi padang yang dibuat di Tanah Air, para tamu yang sebagian besar adalah warga Norwegia terlihat menikmati hidangan tersebut.

Salah satu tamu, Per Hammerstad, travel writer dan juga penulis buku A Journey to Komodo menyampaikan pujiannya terhadap acara promosi Sumatra Barat ini.

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan promosi, yang bersangkutan menyampaikan rencananya bersama istri untuk mengunjungi dan mengelilingi Indonesia, termasuk Sumatra Barat, selama kurun waktu dua-tiga tahun dan akan menuangkan pengalamannya secara tertulis.

Tim kesenian dari Sanggar Tari Syofyani's Dance and Music Ensemble Padang pimpinan Sofi Yuanita menyuguhkan tiga tarian yaitu Tari Pasambahan, Tari Indang dan Tari Piring.

Kegiatan promosi budaya seperti ini, dengan fokus diplomasi kuliner, diharapkan selain semakin memperkuat keberadaan Indonesia di Norwegia, juga membuka peluang untuk memasarkan kuliner Indonesia di Norwegia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro