Ilustrasi./.Bisnis-Choirul Anam
Kuliner

WISATA KULINER: Restoran Lokasi Kota Mana yang Lebih Baik Tahun Ini? London atau New York

Sri Mas Sari
Sabtu, 14 Januari 2017 - 20:05
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA- Ini debat yang sebenarnya kita tidak ingin terlibat di dalamnya: New York versus London.
 
Keduanya adalah kota kuliner yang mencerminkan kelas dunia karena menyajikan makanan yang inovatif. Namun, kota mana yang akan menjadi tren utama pada 2017? 
 
Richard Vines, kritikus makanan yang tinggal di London, memberikan catatan, disandingkan dengan editor kuliner Bloomberg Kate Krader. 
 
Kuasa Perempuan di Dunia Kuliner
Dapur restoran selama ini didominasi oleh laki-laki, tetapi beberapa perempuan menjadi mahabintang dan memiliki debut hebat tahun ini di kedua kota sisi Atlantik itu.
London

*Clare Smyth memperoleh tiga bintang Michelin selama mengoperasikan restoran di bawah bendera Gordon Ramsay, perempuan pertama Inggris yang menerima kehormatan itu. Sekarang dia membuka restoran 60 kursi di Notting Hill dengan pelayanan ala Eropa modern. 

*Veteran La Gavroch, Monica Galetti, terkenal karena penampilannya di MasterChef, akan membuka restoran modern Eropa di Fitzrovia yang dinamakan Mere, nama Samoa untuk Mary, nama ibu Galetti. 

*Helena Puolakka, yang bekerja dengan Pierre Koffman, akan membuka Aster di Nova, Victoria, menyajikan hidangan Nordik.

*Anne-Sophie Pic, satu dari koki yang paling dipuja dunia, akan memiliki restoran London pertamanya, La Dame de Pic, di Four Season Trinity Square. 

New York:
*Melissa Rodriguez akan mengambil alih restoran Italia, Del Posto, dan menjadi perempuan pertama yang mengendalikan dapur dengan empat bintang yang disematkan New York Times. "Kami akan memodernisasi banyak hal yang klasik," kata Rodriguez dalam email-nya kepada Bloomberg. Sebagai contoh, menu Vitello Tonnato akan dibuat dengan saus yang ringan, dan daging anak lembu akan dimasak berbeda. Seluruh penyajian akan diubah. 
 
Pemenang: London
 
 
Masakan Asia
Ini akan menjadi tahun yang luar biasa bagi kuliner Asia. Kita tidak sedang membicarakan perpaduan Asia, tetapi ragam kulinernya. 
London:
*Keajaiban baru, The Kiln, adalah restoran Thailand dengan hidangan penuh rasa, misalnya sosis asap dengan bumbu kunyit-pedas  yang dipanggang di depan Anda yang sedang duduk di counter
*Som Saa, menyajikan makanan Thailand, tetapi fokusnya regional. 
*Duck Duck Goose, kedai makan ala Kanton yang menyajikan daging barbekyu, akan dibuka di Brixton.
 
New York:
*Makanan Thailand otentik di Fish Cheeks di Greenwich Village, termasuk kari kepiting pedas.
*Koreatown terkenal akan tempat-tempat yang modern, seperti Her Name is Han dan Atoboy yang menyenangkan, di mana mereka mengkhususkan diri pada porsi kecil. 
*Pada musim semi, Dale Talde akan memperkenalkan menu hidangan Filipina di Rice & Gold di Hotel 50 Bowery NYC.

Pemenang: New York.
     London termasyur akan restoran etniknya, tetapi New York telah memainkannya dengan cara yang luar biasa.

Globalisasi

Politik hari-hari ini adalah tentang kemunculan antiglobalisasi. Tidak begitu pada dunia restoran, di mana koki dan pemilik restoran berusaha membawa konsep mereka menyeberang batas.

London:

*Koki bintang New York Jean-GeorgesVongerichten bergabung dengan Connaught Hotel di Mayfair. Dia menjanjikan makan malam kasual versinya. 

*Marcus Samuelsson membawa restoran ala Harlemnya, Red Rooster, ke London Timur, sekitar Shoreditch, di mana beberapa hidangan akan ditawarkan. Pastinya, ayam goreng salah satunya. 

*Di Intercontinental London Park Lane, Martha Ortiz akan menyajikan hidangan Meksiko yang detail. Berharaplah pada hidangan cantik yang mirip dengan yang dia sajikan di Dulce Patria di Mexico City. 

New York:

*Restoran bintang Michelin yang paling murah di dunia, Tim Ho Wan, telah dibuka dengan antrean yang terus-menerus demi dim sum yang menakjubkan. Restoran ini memiliki beberapa cabang di Asia.

*Dunia Chinese food di kota ini menjadi dramatis dengan kehadiran Hao Noodle and Tea oleh Madame Zhu's Kitchen, cabang dari China. Gambar menu mereka membanggakan hidangan semacam mi dan dan. Warga setempat yang dulunya penduduk Hong Kong mengatakan hidangan itu mengingatkan mereka akan kampung halaman. 

*Pada musim panas, koki Perancis Joël Robuchon akan membuka restoran sekaligus pasar di Midtown.

Pemenang: London

Menjadi Biasa
Tren makanan kasual, tetapi dibuat dengan baik, kerap diciptakan oleh koki bintang dan tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan kualitas. Ini bukan makanan cepat saji standar Anda, melainkan cara memasaknya yang mungkin Anda bisa lihat di ruang makan mewah, tetapi dengan harga tidak lebih dari US$20. 

London:
 
Restoran tanpa reservasi Popolo di Shoreditch memiliki menu  Italian-esque tapas dan hidangan seperti tengkuk domba dengan sejenis kunyit dan adas liar dengan harga kurang dari 10 poundsterling atau US$12. *Di restoran bawah tanah Chick 'n' Sours at Seven Dials, makanan utamanya adalah ayam goreng. Mereka menggunakan burung liar dari peternakan keluarga yang digoreng dengan acar semangka, dengan harga seluruhnya 9 poundsterling.  
*Jean-Georges mengatakan menunya di Connaught akan kasual, tetapi kami ragu. Itu adalah hotel yang pada praktiknya mempromosikan keanggunan dunia lawas. 

New York:

*Restoran yang sulit dijiplak Eleven Madison Park's Daniel Humm, yang tasting menu-nya US$295, akan menyajikan hidangan, seperti daging babi yang dimasak dengan minyaknya dan biji gandum, dengan harga US$15 atau kurang dari itu di Made Nice.

*Mark Ladner meninggalkan Del Posto. Di Pasta Flyer, dia berencana memasak pasta dengan penuh pengalaman.

*Koki berdarah Meksiko Enrique Olvera, yang restoran Cosme-nya mendapat ulasan yang hangat untuk hidangan modern dan briliannya, akan mempunyai tempat kasual bernama Atla. 

Pemenang: New York
Cek saja kaliber koki-koki di tungku pada  spot kasual tadi. 
 
Hidangan Bertiket Mahal
Di sisi lain, the Dow Jones Industrial Average ditutup pada rekor tertinggi 20.000. Maka, barangkali ini bukan kejutan bahwa harga hidangan utama naik juga, dan tarif beberapa tasting menu 'terbang ke stratosfer'. 

London:

*Di Elystan Street, ikan kakap putih panggang (roast bass) dengan shrimp butter dihargai 38 poundsterling. 

*Tasting menu di Heston Blumenthal's Dinner sekarang 225 poundsterling dan 'pasangannya', anggur, 130 pounsterling.

*Restoran yang belum memiliki menu, Claude Bosi, yang memperoleh dua bintang Michelin di Hibiscus, tengah dibangun di bangunan tengara Bibendum, tetapi kami yakin itu akan masuk kategori ini.


New York:

*Di the Time Warner Center, tasting menu di Masa kini US$595 per orang.

*Bar klasik yang telah diubah Chumley's memiliki Dungeness crab pot pie seharga US$45. 

*Bukan di New York, tetapi para peminum memberi catatan: hotel Trump International Washington D.C. membanderol cocktail-nya mulai dari US$24 dan ada yang sampai US$100. 

Pemenang: New York

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sri Mas Sari
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro