Ilustrasi: Sejumlah Niniak mamak atau orang yang dituakan melakukan makan bajamba saat prosesi menaikkan rumah gadang atau rumah besar Istana Basa Pagaruyuang, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, Minggu (27/10/2014)./Antara-Muhammad Arif Pribadi
Kuliner

Meriahkan Hari Jadi, Bukittinggi Gelar Makan Bajamba

Newswire
Selasa, 29 November 2016 - 12:31
Bagikan

Bisnis.com, BUKITTINGGI - Tradisi kuliner khas bernama makan bajamba akan berlangsung di Bukittinggi dalam rangka ulang tahun kota itu.

Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar), akan menggelar acara makan bajamba di pelataran objek wisata Jam Gadang sebagai salah satu kegiatan memperingati Hari Jadi Kota (HJK).

"Peringatan ke-232 HJK Bukittinggi tahun ini salah satunya tetap diisi dengan acara makan bajamba namun akan berbeda dari tahun sebelumnya dan diupayakan dapat dinikmati masyarakat hingga wisatawan," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, Emil Anwar di Bukittinggi, Selasa (29/11/2016).

Ia mengatakan sebelumnya kegiatan makan bajamba dilaksanakan bertepatan dengan HJK pada 22 Desember usai menggelar sidang paripurna, namun tahun ini kegiatan tersebut diundur dan direncanakan pada 25 Desember 2016.

"Tujuannya agar masyarakat lebih leluasa dan waktu untuk menikmati acara lebih panjang karena tidak didahului oleh sidang paripurna HJK. Di samping itu, 25 Desember merupakan hari libur nasional sehingga diharapkan saat itu Bukittinggi sedang ramai oleh wisatawan," jelasnya.

Menurutnya keunikan dari tradisi makan bajamba dapat menjadi nilai jual tersendiri yang akan menjadi daya tarik wisatawan.

"Panitia untuk kegiatan itu sudah dibentuk. Direncanakan dalam makan bajamba akan menyajikan makanan khas Minang dan dimasak secara bersama-sama di tiap kelurahan lalu dibawa dan dinikmati di Jam Gadang. Proses ini juga akan menunjukkan kearifan lokal yang memiliki nilai jual," lanjutnya.

Sebelumnya Wali Kota Bukittinggi, M Ramlan Nurmatias mengatakan rangkaian kegiatan untuk memperingati hari ulang tahun daerah tersebut harus dapat dinikmati oleh semua warga.

"Di HJK Bukittinggi, kami ingin perayaannya dinikmati secara gratis dan terbuka bagi semua warga dan wisatawan yang sedang berkunjung. Kami sudah minta Disbudpar untuk membuat kalender kegiatan perayaan ulang tahun kota agar semua warga tahu dan turut memeriahkan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro