Menu nasi ketel
Kuliner

Nikmatnya Sajian Nasi Ketel Hingga Dendeng Balado di Suasana Restaurant

Azizah Nur Alfi
Minggu, 20 November 2016 - 06:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Akhir pekan menjadi waktu bersantai dan berkumpul bersama keluarga. Salah satu tempat makan yang patut masuk dalam rencana Anda adalah Suasana Restaurant.

Anda tentu terbiasa menyantap hidangan utama, seperti nasi beserta lauk pauknya, dalam sebuah piring maupun mangkuk. Namun, Anda dapat menemukan sensasi berbeda ketika menyantap nasi ketel yang biasa disajikan di wilayah Jawa Barat.

Pengalaman ini dapat dijumpai saat Anda berkunjung ke Suasana Restaurant di Aston at Kuningan Suites, yang berlokasi di Jl. Setiabudi Utara, Jakarta, seperti pernah saya alami.

Sebuah ketel berisi semangkuk nasi lengkap dengan sambal cakalang khas Sulawesi serta daun kemangi di atasnya tersaji di meja saya. Nasi ketel ini masih panas karena baru saja diangkat dari pembakaran. Aroma wangi kemangi menyembul keluar menggugah selera makan saya.

Nasi dalam ketel ini bersanding dengan sambal terasi, ketimun, daun kemangi segar, serta sayur asem. Jangan menunggu dingin, sebab nasi ketel lengkap dengan pendampingnya lebih lezat disantap saat masih hangat. Pengalaman ini sengaja dihadirkan Suasana Restaurant yang mengangkat menu kuliner Nusantara.

Public Relations Aston at Kuningan Suites Rina Lumbantorun menyebut menu Nasi Ketel mewakili sajian khas Nusantara yang diusung Suasana Restaurant.

"Seringkali tamu asing yang datang justru mencari makanan khas Indonesia," tutur Rina, saat berbincang dengan saya di Suasana Restaurant.

Nasi Ketel disajikan dengan beberapa hidangan pendamping. Kreasi dari Executive Chef Ghofur Basoeky ini terdiri dari nasi dalam ketel dengan sambal cakalang khas Sulawesi serta daun kemangi di atasnya.

Ketel digunakan untuk proses bakar nasi dengan sambal cakalang dan daun kemangi. Chef Ghofur menjelaskan penggunaan ketel dilakukan untuk menjaga aroma kemangi selama proses pembakaran ini.

"Dimasak dua kali agar aroma kemangi keluar," tuturnya.

Dari citarasa Jawa Barat, Anda akan dibawa ke Padang melalui masakan Dendeng Balado nan renyah.

Selain menu Nasi Ketel dan Dendeng Balado, Anda juga dapat menemukan menu Asam-Asam Iga. Masakan berkuah ini akan memberi kesegaran setelah menyantap dendeng balado dan nasi ketel yang agak pedas.

Sebagai penutup ada Wedang Ronde dan Sekoteng yang mudah dijumpai di jajanan kaki lima pada malam hari.

Meski jajanan kaki lima, Ronde dan Sekoteng justru banyak disukai tamu hotel. Chef Ghofur menyiasatinya dengan tampilan yang lebih berkelas agar sesuai dengan konsumen. Minuman jahe hangat ini tepat disantap pada sore hingga malam hari sembari berbincang dengan kawan maupun rekan kerja.

Penasaran mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro