Pemandangan di Pulau Padar, salah satu objek wisata unggulan di Labuan Bajo, selain Taman Nasional Komodo/ M. Taufikul Basari
Travel

Menyusuri Keindahan Pulau Padar

M. Taufikul Basari
Sabtu, 29 Oktober 2016 - 10:50
Bagikan

Bisnis.com, LABUAN BAJO--Kawasan di Manggarai Barat kini sangat atraktif dengan beragam pilihan objek wisata, terutama setelah masuknya Taman Nasional Komodo sebagai salah satu keajaiban dunia. Namun, di luar TNK yang menjadi habitat kadal raksasa, banyak spot bagus lainnya.

Anda yang ingin memilih berwisata ke Labuan Bajo harus memasukkan agenda trekking atau jalan mendaki bukit di Pulau Padar, satu jam perjalanan dengan speed boat dari dermaga utama. Di Pulau Padar memang ada komodo, hanya tiga ekor, tetapi agenda utamanya adalah melihat keindahan alam dari puncak bukit.

Akses trekking juga semakin mudah setelah program CSR BUMN membantu membangun dermaga kecil dan tangga kayu pada area masuk yang agak curam. Di sini juga pada Jumat lalu digunakan untuk upacara memperingati Sumpah Pemuda oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dan para dirut BUMN.

Menteri Rini sendiri mendaki hingga puncak dan sempat berfoto ria sambil menikmati pemandangan alam yang sangat indah.

Beberapa wisatawan asing juga terlihat menikmati perjalanan mendaki. Maklum, spot ini memang sudah terkenal hingga manca negara. Maka tak lengkap jika Anda ke Labuan Bajo tanpa mendaki di Pulau Pandar.

Dari Pulau Pandar kita bisa melanjutkan ke pulau-pulau lain atau mencari lokasi untuk melihat keindahan bawah laut, bisa snorkling atau menyelam (diving).

Pulau Pandar terletak di antara Pulau Komodo yang sekaligus sebagai taman nasional, dan Pulau Rinca. Pulau Rinca dihuni penduduk, tapi jumlahnya sedikit bila dibanding luas pulau.

Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai, bisa juga mengunjungi Pink Beach yang masih di Pulau Komodo, atau pantai pasir putih yang tersebar di beberapa pulau. Di Pulau Selor, misalnya, Anda bisa bermain sambil foto-foto dengan latar pulau lainnya. Pulau Selor relatif lebih dekat dengan dermaga Labuan Bajo.

Banyak lokasi lain yang bisa dieksplorasi di Manggarai Barat, tinggal sesuaikan dengan waktu dan pilihan. Bisa memancing, berenang di pantai, diving, hingga trekking di pulau-pulau yang indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro