pulau-pulau karst di Wayaq, Raja Ampat/Antara
Travel

Menpar Ajak Pelaku Industri Pariwisata di Raja Ampat Manfaatkan ITX

Ropesta Sitorus
Senin, 24 Oktober 2016 - 00:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak pelaku industri pariwisata di seputar area Raja Ampat untuk ikut memanfaatkan ITX Indonesia, platform market place yang memudahkan untuk memasarkan produk kepada calon wisatawan. 

Arief menuturkan pelaku harus mulai melek perkembangan media digital dan memanfaatkannya untuk melakukan penjualan. 

ITX merupakan Indonesia Travel Xchange, merupakan pasar digital tempat bertemunya suplay and demand side ke dalam satu platform yang lengkap, mulai dari system untuk searching, booking, dan payment. 

"Jadi industri Pariwisata yang bergerak di Raja Ampat, silakan bergabung di ITX, karena itu akan mempercepat dan mempermudah dalam semua hal,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (23/10/2016). 

ITX terbagi atas dua kategori, yakni pemasok atau industri yang langsung menjual fasilitas services seperti atraksi, seperti hotel, resort, homestay, airline dan lainnya. Kedua, kategori distributor atau pembuat paket, yang biasanya diperankan oleh Travel Agents, Travel Operators.

Sebelumnya, Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati mengatakan pihaknya sudah memutuskan untuk digital friendly. Pemda menggandeng Telkomsel membangun infrastruktur telekomunikasi di Pulau Pianemo.

”Di Kota Raja Ampat memang sudah ada Telkomsel, namun di Pulau tempat berwisata belum ada. Bulan depan akan ada 18 titik baru Telkomsel yang dipasang di pulau-pulau di Raja Ampat untuk memudahkan wisatawan dalam berkomunikasi dan mengeksplor keindahan kami,” ujarnya. 

Dia mahfum, media digital merupakan sarana yang ampuh untuk mempromosikan pengembangan potensi wisata Untuk memaksimalkannya, pemda menggandneg seluruh pelaku usaha pariwisata di Raja Ampat dan melakukan capacity building agar melek digital. 

"Kami juga minta  seluruh stake holder pariwisata dan pelaku pariwisata melek tekonologi dan rajin mengunggah semua informasi tentang keindahan Raja Ampat ke media sosial," kata Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat Yusdi Lamatenggo.

Pihaknya juga mengemas situs resmi seperti officialrajaampat.com dan dalam waktu dekat akan meluncurkan situs baru www.rajaampatmall.com. Tak hanya itu, pemda juga tengah menyiapkan aplikasi mobile visit Raja Ampat yang dapat diunduh di gawai telepon pintar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro