Travel

Mengajarkan Anak Mandiri dengan Berkemah di Negeri Kanguru

MediaDigital
Jumat, 21 Oktober 2016 - 08:49
Bagikan

Mengisi liburan dengan berkemah boleh jadi merepotkan bagi sebagian orang. Namun sesungguhnya banyak manfaat yang bisa diraih kala mengajak anak-anak berkemah di tengah lingkungan alam terbuka.

Selain mengajarkan kemandirian sejak dini, pilihan liburan dengan mengenal alam lebih dekat akan menumbuhkan kepedulian terhadap kelestarian alam dan lingkungan.

Saat berkemah, anak dengan sendirinya terlatih untuk mandiri. Sebisa mungkin ia belajar menjaga barang-barangnya dan mengemasi kembali setelah digunakan. Kegiatan ini juga menumbuhkan kedisiplinan seperti tidur, bangun tidur, makan, mandi, dan menyelesaikan tugas yang diberikan orang tua atau pemimpin regu.

Berkemah juga merangsang keberanian pada diri anak. Berpetualang di alam dengan berbagai tantangan, atau sementara waktu berjauhan dengan orang tua bila berkemah dengan teman, sehingga mental menjadi kuat dan tidak mudah cengeng.

Kawasan liburan berkemah selayaknya pula tempat yang menyenangkan untuk bermain dan bercengkerama bersama keluarga, sekaligus tempat wisata yang menarik, aman dan nyaman untuk dinikmati.

Mengajarkan Anak Mandiri dengan Berkemah di Negeri Kanguru

Karena itu pilihan kawasan liburan berkemah yang pas tentu menjadi salah satu kuncinya . Lantas perlengkapan apa saja yang harus dipersiapkan?

Ternyata tak perlu repot. Sejumlah tempat wisata di seputar Perth, Australia Barat misalnya, sudah menyiapkan berbagai macam keperluan dan fasilitas pendukungnya.

Berkemah di sini memang bisa jadi pilihan sekaligus menikmati keindahan alam menakjubkan mulai dari kawasan pantai, hutan, dan keragaman lingkungan Australia Barat.

Maklum, alam Australia memang menawarkan keunikan dan keindahan alami yang khas termasuk kekayaan flora dan faunanya,

Baca juga:

Inilah 5 Sensasi Wisata di Darwin, Australia

Hampir di semua sudut benua Australia menawarkan petualangan wisata alam yang memukau baik kontur alam, hewan, maupun tumbuhan yang istimewa dan berbeda. Coba simak

Sisi Lain Keindahan di Sudut Paling Selatan Australia

Di Australia Barat sendiri setidaknya ada 10 kawasan wisata berkemah yang layak dicermati. Untuk perencanaan tiket pesawat dan akomodasi sebelum berkemah, bisa terlebih dahulu mengintip www.wego.co.id sebagai bekal informasinya.

Salah satu aspek yang diharapkan dari aktivitas berkemah sang anak, dirinya lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan anggota lainnya. Sekaligus belajar mengenali lingkungan baru di sekitarnya. Itu sebabnya lokasi perkemahan umumnya di alam terbuka untuk merangsang kecerdasan natural sang anak.

Kawasan Pantai terjal Leeuwin-Naturaliste National Park di daerah Yallingup misalnya, bisa dipilih karena tak cuma ideal sebagai tempat berkemah menakjubkan, tapi juga menawarkan sensasi memancing dan asyiknya mengamati burung liar.

Terdapat pula area trekking di antara semak-semak dengan pemandangan luar biasa, termasuk formasi hamparan granit Canal Rocks dan Sugarloaf. Temukan pula berbagai satwa liar asli seperti walabi dan kanguru termasuk burung tropis ekor merah yang nyaris punah.

Lain lagi dengan kawasan ngarai di kawasan Cape Range National Park yang sudah masuk daftar UNESCO sebagai warisan dunia. Berkemah di sini bisa diselingi dengan petualangan seru menemukan satwa liar dan bunga liar di tengah luasnya padang ilalang.

Ada pula kawasan Lane Poole Reserve yang merupakan surganya para pecinta alam. Tempat rekreasi favorit di Australia Barat ini menawarkan banyak aktivitas d sela-sela berkemah seperti berenang, memancing, kano dan rafting.

Berbagai aktivitas ini tentu dapat menjadi media bagi anak untuk belajar bekerjasama dengan anggota keluarga atau teman. Di lain sisi, dapat melatih pengendalian emosi dan ego yang berlebihan. Anak diharapkan belajar bahwa semua hal idealnya dilakukan berdasar kewajaran dan kesabaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Sumber : Marketing Digital
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami