Kompang/Istimewa
Travel

Tour De Siak 2016: Parade 1.000 Kompang Pecahkan Rekor Muri

Gemal Abdel Nasser P
Selasa, 18 Oktober 2016 - 14:41
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU - Parede Pemukulan 1.000 kompang (gendang melayu) di pembukaan Tour de Siak 2016 di Kabupaten Siak, Riau memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia. 

Bupati Siak Syamsuar mengatakan, parade tersebut merupakan pergelaran adat untuk menyambut tamu yang datang ke tanah melayu. Kompang juga sering dimainkan pada pembukaan di berbagai acara di Riau.

"Hal ini selaras dengan visi pariwisata kita pada wisata budaya. Kompang dimainkan agar memberikan kesan kepada wisatawan asing yang datang " katanya, Selasa (18/10/2016).

Penyanyi Virzha Idol juga telah dijadwalkan untuk memeriahkan acara pembukaan balap sepeda tahunan itu. Acara tersebut akan dibuka oleh Kementerian Pariwisata.

Peserta Tour de Siak kali ini diikuti oleh 9 negara, termasuk Indonesia, yakni Indonesia, Taiwan, Phlipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Belanda, Inggris, Singapura dan terakhir Malaysia.

Pemerintah Kabupaten Siak sebagai penyelenggara juga meningkatkan target kunjungan wisatawan asing. Tour ini diharapkan mendongkrak target kunjungan wisatawan yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Riau yaitu sebanyak 70.000 orang. 

Data Disparekraf Riau, sepanjang 2015 lalu kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi itu mencapai 55.000 orang

Dede Firmansyah, Ketua ASITA Riau mengatakan, pihak pengusaha akan memanfaatkan momen tersebut untuk memancing wisatawan dari Malaysia dan negara lain untuk mengunjungi Riau.

Pelancong bisa menikmati beberapa objek wisata unggulan seperti Istana Siak, Pulau Rupat di Bengkalis dan lainnya.

"Kami menyambut baik wacana Pemerintah sebegai penyelenggara Tour de Siak untuk menambah rute di Malaka. Hal itu senada dengan program pemerintah di bidang pariwisata dengan slogan Riau Menyapa Dunia," kata Dede Firmansyah. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro