Bubur pedas/Istimewa
Kuliner

Tiga Kuliner Ini Hadir di Indonesia GastroFest 2017

Azizah Nur Alfi
Selasa, 18 Oktober 2016 - 13:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia GastroFest 2017: A Gatronomical Journey & Beyond (IGF 2017) pada 21 Juli – 23 Juli 2017 di ICE BSD City, akan menyajikan puluhan masakan khas tiap daerah, khususnya yang belum banyak dikenal masyarakat.

Beberapa makanan yang disajikan seperti udang rambut betara dari Jambi, ikan dole dari Sulawesi Tenggara, bubur pedas dari Kalimantan Barat.

Ikan dole dari Sulawesi Tenggara merupakan sajian khas lokal asal Buton. Makanan ini dibuat dari  ikan tenggiri yang dibalut santan dan digoreng renyah dengan minyak panas. Proses ini akan mengeluarkan aroma bawang yang khas.

Adapun, udang rambut betara dari Jambi merupakan sajian lokal yang berasal dari Kabupaten Batanghari, merupakan perpaduan berbagai macam bahan dasar khas Indonesia, yang bercampur dengan daging udang cincang. Kemudian, dibalut dengan remahan bihun, lalu digoreng sehingga menghasilkan presentasi sajian yang menggugah selera.

Lain lagi dengan bubur pedas dari Kalimantan Barat. Makanan ini tidak hanya terkenal di Sambas, Kalimantan Barat. Makanan khas Suku Melayu ini juga populer di Deli, Sumatera Utara.

Bubur pedas khas Sambas adalah sajian bubur penuh gizi yang dipenuhi dengan berbagai macam sayuran segar. Penyajiannya yang menggunakan taburan kelapa sangrai, ikan teri, kacang, lemon cui, dan sambal, menjadikan bubur sambas sebagai salah satu menu yang diturunkan dari generasi ke generasi.

President Indonesian Gastronomy Association, Indra Ketaren, mengatakan ada beberapa makanan daerah banyak yang belum dikenal masyarakat luas.

Dia menyebut kekayaan kuliner seperti harta karun yang terpendam. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat kembali makanan tradisional khas suatu daerah.

Associate Director Dyandra Promosinco Michael Bayu A Sumarijanto mengatakan, sekitar 70-80 pemerintah daerah akan menampilkan masakah khas mereka.

Masing-masing daerah akan menampilkan tiga masakan khasnya. Penyelenggaraan ini diharapkan mampu menarik hingga 7.500 pengunjung selama tiga hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro