Konferensi pers Sail Selat Karimata 2016/Ilustrasi
Travel

Sail Karimata 2016: Bekraf Kenalkan Dunia Antariksa Ke Anak-Anak Kayong Utara

Wike Dita Herlinda
Jumat, 14 Oktober 2016 - 20:18
Bagikan

Bisnis.com, KAYONG UTARA - Badan EKonomi Kreatif (Bekraf) menghadirkan “Layar Kubah” dalam acara puncak Sail Selat Karimata 2016 yang digelar di Kayong Utara, Kalimantan Barat.

“Layar Kubah” merupakan salah satu metode edukasi bagi anak-anak guna memahami planet dan tata surya, seperti di Planetarium.

Untuk menikmatinya, penonton harus masuk ke dalam ruangan khusus, sehingga bisa melihat tampilan planet-planet di alam semesta melalui layar yang berbentuk kubah.

Untuk menyuguhkan “Layar Kubah”, Bekraf menggandeng komunitas Ilmuwan Muda Indonesia, yang memang memiliki minat terhadap bidang astronomi.

Acara ini digelar mulai Jumat (14/10/2016)  hingga Minggu (16/10/2016) dengan mengambil tempat di Balai Nirmala, Kayong Utara.

Direktur Fasilitasi Infrastruktur Fisik Bekraf Selliane Halia Ishak mengatakan “Layar Kubah” ini sengaja dihadirkan dalam Sail Selat Karimata 2016 agar para siswa yang ada di Kayong Utara bisa melihat tampilan planet dan tata surya yang ada di alam semesta melalui film edukasi.

“Di Indonesia, untuk bisa melihat film tersebut harus dating ke Planetarium di Jakarta. Tentunya ini sangat mahal bagi siswa yang ada di Kayong Utara. Untuk itu, kami dari Bekraf menghadirkan ‘Layar Kubah’ agar para siswa di sini bisa melihat planet-planet tanpa harus jauh-
jauh ke Jakarta,” kata Selliane, Jumat (14/10/2016).

Dalam sehari, Bekraf menargetkan 300 siswa setingkat SD bisa menikmati “Layar Kubah”, dan hingga acara ini selesai digelar pada Minggu, jumlah murid yang menonton diharapkan mencapai 900 siswa.

Menurut Selliane, “Layar Kubah” merupakan bagian dari 16 subsektor ekonomi kreatif, baik materinya (film) maupun tempat yang digunakannya (seni pertunjukan). 

Sementara itu, guru SDN 01 Kayong Utara Wijiati mengaku sangat senang dengan hadirnya “Layar Kubah” yang dihadirkan oleh Bekraf dalam Sail Selat Karimata 2016.

Film tentang planet yang disuguhkan mampu menambah wawasan siswa mengenai alam semesta.

“Baru kali ini kami melihat film mengenai planet-planet. Para murid sangat senang dengan pertunjukan ini. Ini juga membuat Sail Selat Karimata 2016 benar-benar meriah ketimbang waktu sebelumnya,” ujar dia.

Tahun ini, Sail Selat Karimata telah memasuki tahun ke-8. Tujuan diadakannya event tersebut adalah untuk memberdayakan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah. 

Kalimantan Barat adalah salah satu dari empat provinsi yang menjadi lokasi dari  penyelenggaraan rangkaian kegiatan ini. Adapun provinsi lain yang juga mendapat giliran menghelat Sail Karimata 2016 adalah Provinsi Jambi, Provinsi Bangka Belitung, dan Provinsi Kepulauan Riau.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro