Kegiatan Kuis Pengetahuan Tenun di Stan Kemenperin di SSK 2016/Wike D. Herlinda
Travel

SAIL KARIMATA 2016: Kemenperin Gelar Kuis Pengetahuan Tenun

Wike Dita Herlinda
Jumat, 14 Oktober 2016 - 18:35
Bagikan

Bisnis.com, KAYONG UTARA - Guna meramaikan perhelatan Sail Selat Karimata (SSK) 2016, Kementerian Perindustrian mengadakan kuis serba-serbi tenun Kalimantan Barat di lokasi pameran utama Pantai Pulau Datok, Kecamatan Sukajadi, Kabupaten Kayong Utara.

Siti Nurkomariyah dari Ditjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kemenperin menjelaskan fun quiz tersebut ditujukan untuk mempromosikan kepedulian dan ketertarikan masyarakat terhadap kain tenun Kalimantan Barat.

"Pengunjung berkesempatan mendapatkan hadiah-hadiah menarik jika bisa menjawab pertanyaan pengetahuan umum seputar kain tenun Kalbar," ujarnya di stan pameran Kemenperin,di areal Sail Selat Karimata, Jumat (14/10/2016).

Rupanya, dalam acara fun quiz itu banyak pengunjung yang kesulitan menjawab pertanyaan dan teka-teki seputar desain kain tenun Kalimantan Barat.

Bahkan, ada pengunjung yang salah membedakan antara tenun Sumatra dengan tenun Kalimantan.

Akan tetapi, tidak sedikit pula peserta yang berhasil menjawab pertanyaan umum seputar kain tenun Kalbar, karena merasa sudah cukup familiar dengan wastra Nusantara itu.

Promosi terhadap kain tenun Kalimantan Barat telah menjadi bagian dari agenda Kemenperin selama perhelatan Sail Selat Karimata 2016.

“Tenun nusantara memiliki berbagai motif yang khas dan kental dengan nilai budaya daerah asalnya yang patut kita lestarikan, termasuk kain tenun khas Kalimantan Barat,” ujar Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih.

Bahkan, Kemenperin telah menggelar lomba desain tenun khas Kalbar sejak 15 Agustus 2016. Adapun, pengumuman pemenangnya akan dilakukan pada puncak acara SSK 2016 pada Sabtu (15/10/2016) di hadapan Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan catatan Kemenperin, produk tenun dan batik memberikan kontribusi cukup signifikan terhadap kinerja industri fesyen nasional.

Pada 2015, produk fesyen Indonesia telah berhasil memperoleh pangsa pasar yang besar di skala global dengan nilai ekspor mencapai US$7,28 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro