Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tren Pemesanan KA Cenderung Melonjak di Akhir Tahun

Menurut data tahunan yang dirangkum pegipegi dari Google Trend, popularitas pemesanan tiket kereta api secara online terus meningkat dari tahun ke tahun.
Pegipegi.com/Istimewa
Pegipegi.com/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- Menurut data tahunan yang dirangkum pegipegi dari Google Trend, popularitas pemesanan tiket kereta api secara online terus meningkat dari tahun ke tahun.

Hal ini menunjukkan bahwa kereta api masih menjadi favorit masyarakat Indonesia, ditengah ramainya pilihan moda transportasi yang bermunculan.

Selain itu, juga ditemukan tren yang menarik dikalangan traveler pengguna kereta api. Jika umumnya traveling itu terencana, maka pengguna kereta api lebih suka memesan secara dadakan.

Hal ini didukung data booking dari pegipegi.com yang menunjukkan bahwa lebih dari 20.000 pelanggan, 47% diantaranya lebih suka memesan tiket kereta api pada tiga hari sebelum tanggal keberangkatan, dan bahkan membeli pada saat hari keberangkatan.   

Meski begitu, ternyata juga tidak sedikit yang memesan tiket untuk keberangkatan 2-3 bulan ke depan.Terbukti sekitar 18% pelanggan melakukan booking untuk liburan di akhir tahun ini.

Dari data transaksi, ada lima destinasi yang menjadi pilihan favorit bagi traveler kereta api untuk berlibur di akhir tahun. Jakarta menjadi favorit pertama, diikuti Yogyakarta, Surabaya,Bandung dan Semarang. Sedangkan, kelas kereta Ekonomi mengungguli kelas lainnya dengan 56.77% peminat, diikuti Eksekutif dengan 28.56% peminat, dan Bisnis dengan 14.67%peminat.

Menurut Deputy CEO pegipegi, Ryan Kartawidjaja mengatakan tren serupa terjadi juga pada transaksi pemesanan tiket keretaapi di pegipegi. Tingginya antusiasme pelanggan pada masa promo periode 21 hingga 30 September 2016 lalu, menjadikan pegipegi sebagai salah satu mitra PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dengan penjualan tiket terbanyak. Selama 10 hari tersebut,terjadi kenaikan transaksi mencapai 1000%.

“Hadirnya pemesanan online tiket kereta api merupakan upaya pegipegi mendukung program PT KAI untuk mengubah perilaku konsumen agar melakukan pemesanan secara online. Programspesial akhir tahun ini adalah bentuk apresiasi kami dalam mengakomodir antusiasme pengguna kereta di Indonesia,” kata Ryan Kartawidjaja dalam siaran persnya.

"Menyambut libur akhir tahun sekaligus mendukung program PT KAI dalam rangka shifting dari pembelian tiket kereta secaraonline, pegipegi sebagai salah satu penyalur tiket kereta api menghadirkan program spesial akhir tahun khusus bagipengguna jasa kereta api," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler