Resepsionis hotel sedang melayani calon konsumen./Ilustrasi-Bisnis-Amri Nur Rahmat
Travel

Tenaga Kerja Perhotelan di Sumsel Minim Sertifikasi

Dinda Wulandari
Kamis, 13 Oktober 2016 - 15:54
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG - Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatra Selatan menilai sertifikasi yang dikantongi sumber daya manusia (SDM) di sektor hotel dan restoran masih sangat minim.

Ketua PHRI Sumsel Herlan Asfiudin mengatakan pihaknya mencatat terdapat sekitar 50.000 SDM yang bekerja di sektor perhotelan.

“Namun hingga saat ini baru sekitar 2.200 orang yang mendapatkan sertifikasi. Memang masih minim yang punya status bersertifikasi,” katanya, Kamis (13/10/2016).

Dikatakan, karyawan bersertifikasi itu dominasi berada domisili di Palembang yang memiliki 148 hotel, sementara jumlah hotel yang tersebar di provinsi itu ada 300 hotel.

Pihaknya berharap agar Kementerian Pariwisata RI dapat membantu percepatan sertifikasi bagi karyawan perhotelan yang ada di Sumsel.

Menurutnya, PHRI menargetkan ada selotar 10.000 orang yang bisa mendapat sertifikasi pada tahun depan.

Dia mengemukakan, meskipun Sumsel tidak masuk 10 destinasi wisata namun pihaknya berharap Kemenpar melirik Sumsel yang nantinya akan menjadi tuan rumah Asian Games.

Sementara itu, Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Sumsel Ahmad Najib mengungkapkan, pihaknya meyakini nantinya semua karyawan perhotelan dan restoran di Sumsel dapat memiliki sertifikasi.

“Dengan adanya sertifikasi, kami meyakini pelayanan dalam bidang pariwisata dapat lebih maksimal lagi,” ujarnya.

Menurut Najib, Sumsel telah membangun Politeknik Pariwisata Palembang (Poltekpar) di Jakabaring untuk mendukung peningkatan kualitas SDM di sektor pariwaista.

“Kami sedang dalam proses pembangunan gedung Poltekpar di Jakabaring Palembang. Baru saja, dibahas rencana pembuatan DED (Detail Engginering Design) dan master plan,” katanya.

Bangunan yang ditarget selesai 2017 itu berdiri di atas lahan seluas 20 hektare, di mana lahan adalah milik pemerintah daerah. Dana pembangunan gedung Poltekpar tersebut berasal dari Kementerian Pariwisata.

"Di Poltekpar itulah akan kami lahirkan SDM berkualitas dan profesional, dan tentunya sesuai dengan sertifikasi yang didapatkan masing-masing lulusan nantinya," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro