Wakil Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) I Made Ramia Adnyana/Bisnis.com-Feri Kristianto
Travel

Libur Sekolah, Okupansi Hotel di Bali Capai 85%

Feri Kristianto
Selasa, 27 September 2016 - 15:52
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Indonesian Hotel General Manager Association menyatakan tingkat hunian kamar hotel berbintang di Bali pada Agustus mencapai 85%-90%.

Wakil Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) I Made Ramia Adnyana menyatakan, musim liburan di dalam negeri, serta liburan anak sekolah di sejumlah negeri membuat kunjungan wisman ke Pulau Dewata meningkat.

"Tingkat pertumbuhan kamar Agustus signifikan. Juli Agustus itu best season, karena udara dan cuaca bagus makanya banyak wisatawan ke sini," tuturnya, Rabu (27/9/2016).

IHGMA Bali merupakan wadah dari 300 general manager hotel bintang 3 hingga 5, dan vila di seluruh Bali.‎ 

Menurutnya, wisatawan terbanyak masih didominasi orang turis dari Australia dan China. Diperkirakan pada Oktober mendatang tingkat kedatangan wisatawan akan menurun, sehingga hotel akan mengandalkan wisatawan MICE dan grup.

Kendati tingkat okupansi masih tinggi, IHGMA mendesak pemerintah menyetop pemberian izin pembangunan hotel alias moratorium. Jumlah kamar sebanyak 130.000 dinilai sudah sangat banyak dan menyebabkan persaingan menjadi tidak sehat.

Jika tidak dibatasi, dikhawatirkan menjadi bom waktu bagi Bali upaya menjaring wisatawan. Sebaiknya, usulnya, pemerintah mulai fokus membenahi infrastruktur jalan dan objek wisata agar memberikan layanan terbaik pengunjung.

‎"Kalau dikomposisikan dengan total arrival sekarang dan jumlah kamar, maka okupansinya hanya 40%. Agar dikontrol pemberian izin kalau perlu disetop dulu dan tingkatkan promosi destinasi sehingga teman-teman hotel bisa kembali fokus mendapatkan okupansi," tuturnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro