Ilustrasi: aneka makanan Nusantara/Istimewa
Kuliner

1.000 Pelajar Eropa Belajar Membuat Masakan Khas Indonesia

Emanuel B. Caesario
Minggu, 25 September 2016 - 16:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Sebanyak 1.000 pelajar di Eropa akan mempelajari cara membuat masakan khas Indonesia di ajang pameran buku terbesar di dunia, Frankfurt Book Fair (FBF) 2016, pada Oktober mendatang di Jerman.

Berdasarkan keterangan yang dikutip Bisnis dari laman resmi Kemendikbud, Minggu (25/9/2016), beberapa koki ternama Indonesia akan bekerja sama dengan sekolah kejuruan memasak di Jerman, antara lain William Wongso dan Sisca Soewitomo.

Hal ini sejalan dengan kesepakatan kerja sama Indonesia dan Jerman di bidang pendidikan vokasi. Pada bulan April lalu, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Jerman, dan menyepakati kerja sama di bidang pendidikan vokasi dengan Kanselir Angela Merkel.

Tindak lanjut dari kesepakatan itu salah satunya diwujudkan dengan melakukan diplomasi budaya melalui kuliner khas Indonesia.

Tahun lalu, sebagai tamu kehormatan Frankfurt Book Fair 2015, Indonesia memiliki program Spice It Up (bumbui) sebagai bentuk diplomasi budaya melalui kuliner.

Tahun ini Indonesia kembali menggelar diplomasi budaya kulinernya di Frankfurt, pada tanggal 18-23 Oktober dalam Frankfurt Book Fair 2016.

Melalui kegiatan Food Explorer yang merupakan bagian dari Classroom of the Future, beberapa koki Indonesia dan siswa sekolah kejuruan memasak di Jerman (vocational cooking school) akan memasak bersama sekitar 1.000 pelajar berusia 12-18 tahun dari sekolah-sekolah di Jerman, Austria, Italia dan negara eropa lain.

Mereka akan mengasah indera ‘look, touch, feel, hear, taste’ dengan memasak berbagai masakan Indonesia seperti bakso, rendang daging sapi, kue lumpur, mie goreng, sampai membuat minuman kunyit asam dan bir pletok (minuman non-alkohol khas Betawi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro