Aneka makanan Nusantara/Istimewa
Kuliner

Cerita Unik di Balik Berbagai Kuliner Nusantara

Wike Dita Herlinda
Rabu, 21 September 2016 - 15:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Potensi pariwisata berbasis kuliner saat ini semakin bertumbuh pesat di berbagai kota besar Indonesia. Belakangan mulai dikembangkan wisata ‘sejarah kuliner Nusantara’.

Wisata jenis ini biasanya berbentuk city tour dengan bus atau kendaraan darat lain, lengkap dengan satu atau lebih pemandu. Peserta diajak mengunjungi tempat-tempat kuliner menarik atau bersejarah di suatu kota.

Selain mengunjungi tempat kuliner unik, tur ini juga dilengkapi dengan agenda informasi mengenai sejarah atau cerita unik di balik sajian-sajian khas di suatu daerah.

Secara sejarah, pakar kuliner Rudy Choirudin menjelaskan kekayaan sejarah masakan Indonesia tergantung dari kondisi agraria, lingkup hidup, dan atmosfer yang berbeda-beda di setiap daerah. Walaupun berdekatan, tetapi masing-masing punya cita rasa yang berbeda.

Pada dasarnya, secara historis masakan Indonesia tercipta berdasarkan bumbu-bumbu dan bahan-bahan apa yang terdapat di alam sekitar daerah itu, serta siapa bangsa pendatang yang berpengaruh di daerah tersebut.

Misalnya, bahan masakan Aceh berbeda dengan Padang dan Medan meskipun mereka satu rumpun. Masakan Aceh lebih terpengaruh khasanah kuliner Arab dan India, Medan terpengaruh India dan China, dan Padang lebih murni Melayu.

Sejarah zaman kolonial juga memengaruhi kuliner Nusantara. Misalnya saja makanan ikan kayu dari Aceh. Ikan kayu tercipta karena pada zaman penjajahan, rakyat harus menyimpan cadangan protein yang cukup bagi para pasukan.

“Jadi, era kolonial berperan penting juga dalam proses pengayaan kuliner Nusantara. Zaman penjajahan yang sulit menyokong masyarakat untuk menjadi kreatif dengan bahan makanan yang ada. Misalnya membuat dendeng, buah kering, bubur, atau lainnya,” katanya.

Lantas, seperti apa cerita unik dari beberapa sajian khas Nusantara?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro