Pizza rasa rendang/Istimewa
Kuliner

Rendang Tak Hanya dari Daging

Azizah Nur Alfi
Sabtu, 17 September 2016 - 09:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkan Anda mencicipi rendang vegetarian? Ya, rendang bukan hanya berbahan dasar daging sapi. Namun, ada banyak bahan baku yang dapat diolah menjadi masakan rendang.

Pengetahuan ini diperoleh Harry Nazarudin, moderator Jalansutra dan penulis buku Seri Buku Kimiasutra 1: Kimia Kuliner, saat berkunjung ke Padang, Sumatera Barat bersama sejumlah anggota Jalansutra lainnya.

Jalansutra merupakan komunitas pecinta kuliner yang dirintis tokoh kuliner Indonesia Bondan Winarno pada 2003 silam. Jalansutra fokus pada eksplorasi kuliner Nusantara, dari cita rasa, bumbu dasar, hingga sejarah di balik kulinernya.

"Kami pernah mengadakan tur ke Padang hingga Bukittinggi. Di sana, kami menemukan rendang yang bukan dari daging sapi," tutur Harry.

Dari perjalanan tersebut, Harry mengetahui bahwa rendang adalah proses memasak, bukan nama menu masakan itu sendiri. Bahkan, disebutkan Harry ada rendang vegetarian. Harry mengaku pernah mencoba rendang selain dari daging sapi, seperti rendang berbahan dasar ketan hitam. Hal itu menjadi menarik karena baru diketahui setelah menelusuri ke wilayah asalnya.

"Padahal, rendang sering kita temui dan menjadi makanan sehari-hari," katanya.

Harry menyarankan salah satu yang patut dicoba adalah menikmati rendang di restoran Padang Jakarta dan restoran Padang di Padang itu sendiri. Ada perbedaan yang ditawarkan di dua jenis restoran tersebut. Tertarik mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro