Rendang/Istimewa
Kuliner

Ini Filosofi Tiap Bahan Rendang

Azizah Nur Alfi
Rabu, 14 September 2016 - 07:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rendang pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat dunia nomor satu versi jajak pendapat CNN. Namun, tahukah Anda bahwa setiap bahan dasar olahan rendang mengandung makna dan filosofi.

“Kalau makan rendang harus diresapi makna dari setiap komposisinya. Tidak hanya citarasa lezatnya,” tutur Ketua Akademi Gastronomi Indonesia, Vita Datau Messakh.

Vita menjelaskan bahan dasar rendang, mulai dari daging, kelapa, hingga sejumlah bumbunya, memiliki filosofi dan pesan yang mendalam.

Menurutnya, menu rendang mengandung filosofi yang mencerminkan budaya masyarakat lokal setempat. Daging misalnya, melambangkan kemakmuran dan wujud cinta orang tua pada anak-anaknya. Sebagai tanda cinta, maka orang tua memasakkan daging untuk anak-anaknya.

Adapun, bumbu rempah hingga berjumlah 25 jenis dalam masakan rendang, berarti semua komunitas dalam masyarakat adalah hal penting dan perlu diresapi. Adapun, buah kelapa mempersatukan semua bumbu hingga meresap ke daging, yang berarti perekat dalam masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro