Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FESTIVAL DANAU TOBA: Targetkan 10 Juta Pengunjung

Festival Danau Toba (FDT) 2016 yang berlangsung pada 9-12 September menyuguhkan berbagai acara bertemakan seni budaya.
Tarian Tortor di tepi Danau Toba/Reuters-Y. T. Haryono
Tarian Tortor di tepi Danau Toba/Reuters-Y. T. Haryono

Bisnis.com, JAKARTA - Festival Danau Toba (FDT) 2016 yang berlangsung pada 9-12 September menyuguhkan berbagai acara bertemakan seni budaya.

Tahun ini FDT dipersiapkan untuk menampung 10 juta pengunjung setelah akses penerbangan langsung Jakarta-Silangit diresmikan, juga akses jalur darat diperbaiki.

Anda tidak hanya akan disuguhi indahnya Pulau Samosir tetapi juga destinasi-destinasi baru seperti Sipinsur dan Air Terjun Janji.

FDT sendiri merupakan acara wisata tahunan yang telah berlangsung sejak 2013. Festival ini dahulu diberi nama Pesta Danau Toba yang telah berlangsung sejak 1982.

Pada mulanya Pesta Danau Toba merupakan sebuah event lokal yang diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas keberadaan Danau Toba. Danau ini mempunyai peran penting bagi kehidupan suku batak yang tinggal di pesisir Danau Toba.

Danau Toba merupakan salah satu dari 10 destinasi pariwisata yang menjadi priotitas Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN). Pembangunan 10 destinasi pariwisata ini diharapkan akan mendorong peningkatan arus investasi pariwisata serta kunjungan wisatawan yang ditargetkan sebanyak 20 juta wisman dan 275 wisnus pada 2019 mendatang.

Danau Toba merupakan keajaiban wisata alam, merupakan danau terluas di Asia Tenggara dan terdalam di dunia (450 meter). Danau bertipe vulkanik ini merupakan danau terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika.

Sekitar Danau Toba berupa hutan pinus yang tertata asri dihiasi beberapa air terjun yang memesona. Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik (Pulau Samosir).

Kini Danau Toba menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia yang begitu indah. Tempat dimana pengunjung dapat melakukan berbagai macam kegiatan untuk menikmati keindahan alam seperti mendaki gunung, berenang, atau berperahu layar. Udaranya bersih dan sejuk harmonis dengan suasana santai masyarakatnya yang ramah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Indonesia Travel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler