Rumah Gadang di Sumbar/Antara
Travel

Asati Jadikan Solok Selatan Tujuan Wisata Premium di Sumbar

Heri Faisal
Selasa, 30 Agustus 2016 - 14:55
Bagikan

Bisnis.com, PADANG—Asosiasi Sales Travel Indonesia (Asati) menjadikan Solok Selatan sebagai pilot project tujuan wisata premium di Sumatra Barat.

Ketua Asati Sumbar Ade Nusyirwan menyebutkan Solok Selatan memiliki kelengkapan untuk dikembangkan sebagai bagian dari wisata premium.

“Solok Selatan punya daya tarik yang tidak dimiliki daerah lain. Ikonnya kawasan seribu rumah gadang (SGR), ditambah pesona alam yang lengkap dan indah,” katanya kepada Bisnis,com, Senin (29/8/2016).  

Dia mengatakan Asati menjadikan Solok Selatan sebagai pilot project pengembangan pariwisata daerah yang berbasis pengelolaan potensi lokal dan pembinaan kepada masyarakat.

Saat ini, Asati melakukan pembinaan masyarakat di kawasan SRG, jorong Koto Baru, Nagari Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan untuk mengelola kawasan dan melayani tamu dengan baik.

Ade menuturkan di kawasan tersebut, sebanyak 10 unit rumah gadang milik masyarakat sudah dikembangkan menjadi homestay dengan konsep Minangkabau tempo dulu.

Pengunjung yang datang ke sana akan merasakan sensasi kehidupan di Rumah Gadang, sekaligus merasakan nuansa budaya masa lalu. Karena selain arsitektur Rumah Gadang yang dipertahankan dengan baik, pengunjung juga disuguhi tradisi makan bajamba, berbagai kuliner lokal, dan kesenian budaya setempat.

“Nanti kami juga arahkan warung-warung sekitar SRG dibuat model lapau masa lalu, jadi sensasi minang saisuak-nya dapet,” ujar pemilik Zanzi Tour itu.

Kawasan SRG memiliki sekitar 147 unit Rumah Gadang yang tersebar sepanjang kenagarian tersebut, namun hanya sedikit dari rumah-rumah tersebut yang masih dalam keadaan baik.

Selain kawasan Seribu Rumah Gadang, Asati juga melakukan pembinaan kepada kelompok masyarakat Durian Capang Tigo (Ducati) Body Rafting, yang mengembangan olahraga air di daerahnya.

Ade mengungkapkan selain kawasan SRG dan Ducati Body Rafting, Solok Selatan juga memiliki pemandian air panas yang jarang ditemukan di daerah lain, kebun teh Liki yang indah di kaki Gunung Kerinci, serta panorama alam lainnya.

“Pokoknya paling lengkap. Kalau diceritakan ngga semenarik menikmati langsung ke Solok Selatan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Heri Faisal
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro