Lubuk Minturun di Padang/tripadvisor
Travel

Gubernur Sumbar Minta Tiap Daerah Bangun Agrowisata

Heri Faisal
Kamis, 25 Agustus 2016 - 12:16
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mendorong pemerintah daerah kabupaten dan kota membuat agrowisata di tiap daerah.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebut, pengembangan agrowisata penting untuk mendukung pengembangan pariwisata, sekaligus memastikan terjaminnya sektor pangan di daerah.

“Agrowisata dalam konsepnya merupakan keterpaduan antar SKPD menangani pertanian secara luas di bidang pertanian, perkebunan, perikanan yang menangani ketahanan pangan, dipadukan dengan sektor wisatanya,” katanya, Rabu (24/8/2016).

Dia menuturkan, sejumlah daerah sudah memiliki agrowisata, seperti Lubuk Minturun di Kota Padang. Namun, jumlah dan pengembangan agrowisata perlu ditingkatkan guna melengkapi destinasi di daerah.

Menurutnya, agrowisata selain dimanfaatkan untuk pengembangan wisata, juga digunakan untuk pendidikan bagi anak dengan pengetahuan tentang tumbuhan dan tanaman, sekaligus upaya pelestarian lingkungan.

Konkretnya, imbuh Irwan, setiap daerah harus mengalokasikan anggaran bagi pengembangan agrowisata. Apalagi, Sumbar yang merupakan daerah agraria yang memiliki berbagai jenis tanaman pertanian dan kebun yang menarik bagi wisatawan.

“Cara yang paling baik untuk mensejahterakan masyarakat adalah dengan mengembangkan pariwisata. Makanya tiap daerah harus punya agrowisata,” ujar Irwan.

Saat ini, Pemprov Sumbar mempercepat pengembangan sektor pariwisata dengan menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara hingga 100.000 orang pada 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Heri Faisal
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro