Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WISATA LOMBOK: Kapal Pesiar Raksasa Bermuda Singgah di Pelabuhan Lembar

Kapal pesiar internasional berukuran besar, Down Princess, yang membawa 1.959 wisatawan dengan 843 kru kapal sandar di Pelabuhan Lembar, Mataram, NTB pada Kamis (11/8/2016) pagi
Turis asing juga gemar mengunjungi sentra kerajinan gerabah../Antara-Abriawan Abhe
Turis asing juga gemar mengunjungi sentra kerajinan gerabah../Antara-Abriawan Abhe

Bisnis.com, JAKARTA- Kapal pesiar internasional berukuran besar, Down Princess, yang membawa 1.959 wisatawan dengan 843 kru kapal sandar di Pelabuhan Lembar, Mataram, NTB pada Kamis (11/8/2016) pagi.

Kapal yang dinakhodai oleh Jason Paul Slight tersebut sebelumnya sandar di Pelabuhan Benoa Bali yang juga dikelola oleh PT Pelindo III (Persero). Sore ini juga, cruise berbendera Bermuda itu akan kembali berlayar ke Fremantle di Australia.

GM Pelindo III Lembar Baharudin mengungkapkan persinggahan kapal pesiar internasional di Pelabuhan Lembar biasanya untuk mengajak para turis mengikuti tur di Pulau Lombok.

“Ada banyak travel agent yang siap memfasilitasi agenda wisata ke berbagai destinasi pilihan di Pulau Lombok yang bisa melengkapi kunjungan mereka ke Bali sebelumnya,” ujarnya dalam siaran pers Pelindo III, Kamis (11/8/2016).

Selain itu banyak di antara para turis yang berbelanja suvenir lokal dan mengunjungi sentra kerajinan gerabah.

“Sentra kerajinan gerabah menjadi favorit karena para wisatawan bisa turut mencoba membuat karya gerabahnya sendiri. Pendekatan partisipatori yang membuat para turis tidak hanya melihat, namun memiliki pengalaman langsung dalam berwisata akan membawa mereka datang lagi atau turut mempromosikannya,” ungkap Baharudin.

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Lombok menggunakan kapal pesiar terlihat dari data Pelindo III sebagai pengelola pelabuhan tersebut.

“Selama 2016, ditargetkan ada 24 kapal pesiar yang datang. Hingga saat ini sudah tercapai 11 kapal pesiar yang sandar. Pada tahun lalu dari 26 kapal pesiar yang datang berkunjung, setidaknya wisatawan yang masuk ke Lombok melalui Pelabuhan Lembar mencapai 36 ribu orang,” papar Baharudin.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pelabuhan-pelabuhan Pelindo III berada di tujuh provinsi yang menjadi lokasi berbagai destinasi wisata menarik, baik wisata bahari maupun historis.

Untuk itu, BUMN kepelabuhanan yang berpusat di Surabaya tersebut terus merevitalisasi terminal-terminal penumpang dan fasilitas lainnya. Seperti di Lembar, agar dapat lebih menarik wisatawan untuk datang.

“Jadi dukungan Pelindo III untuk peningkatan perekonomian di Pulau Lombok dan NTB, tidak hanya dengan mengefektifkan kinerja bongkar muat logistik, tetapi juga pada sektor pariwisata dengan menarik lebih banyak turis domestik dan mancanegara untuk datang,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler