Gunung Pancar/Istimewa
Travel

Gunung Pancar, Lokasi Bersepeda untuk Warga Jabodetabek

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Sabtu, 30 Juli 2016 - 20:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi para pesepeda dan traveler yang tinggal di kawasan Jabodetabek, jika bosan bersepeda saat car free day di pusat kota, Anda bisa bersepeda di Gunung Pancar, Sentul, Jawa Barat.

Taman Wisata Gunung Pancar merupakan destinasi wisata alam yang terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Bisnis.com, Taman Wisata hutan pinus ini menyajikan udara yang sejuk dengan suhu 24 derajat Celcius pada malam hari dan 33 derajat Celcius pada siang hari. Gunung Pancar ini berada di ketinggian sekitar 300-800 meter di atas permukaan laut dan kemiringan mencapai 15-40%. 

Para pesepeda dari Jakarta bisa datang ke lokasi Taman Wisata Gunung Pancar dengan menempuh perjalanan sekitar 45 kilometer. Anda bisa naik kendaraan umum yakni bus APTB menuju Bogor, dan turun di Sentul City dilanjutkan dengan naik sepeda motor (ojek). 

Traveler juga bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dengan melalui Tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Sentul Selatan. Memasuki Jalan Sentul Raya, pengemudi bisa mengambil jalan lurus terus mengikuti jalan melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah.

Sementara, bagi Anda pengemudi kendaraan pribadi sepeda motor, anda dapat melalui akses jalan Ciputat-Pamulang menuju Parung Panjang lalu mengambil jalur ke arah Kota Bogor. Selanjutnya, ambil jalan melewati Desa Cimahpar menuju ke arah jalan Sentul Raya melalui Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah.

Sesampainya di Gunung Pancar, Anda bisa menemukan berbagai jenis tanaman, seperti pinus, Rasamala, Puspa, Rotan, Jamuju, dan Saninten. Tak hanya itu, di Taman Wisata Gunung Pancar ini ada sejumlah satwa yang hidup bebas.

Satwa yang paling sering ditemui di tempat ini adalah beberapa jenis burung seperti utilang, ayam hutan merah, jalak, elang, dan lain-lain. Tentu terbayang betapa asiknya bersepeda dengan nuansa alam yang disajikan Gunung Pancar.

Harga tiket masuk Taman Wisara Gunung Pancar terjangkau, Rp5.000 per orang, sementara untuk warganegara asing dikenakan Rp150.000 per orang. Untuk tiket masuk kendaraan roda dua (motor) adalah Rp 5.000 permotor.  Harga tiket untuk kendaraan roda empat (mobil) adalah Rp10.000 per mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro