Penambangan sumur minyak tua di Bojonegoro, Jawa Timur/Antara
Travel

WONOCOLO, Desa Wisata Migas Pertama di Bojonegoro

Atiqa Hanum
Senin, 25 Juli 2016 - 16:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Sumur minyak tradisional yang terletak di wilayah Desa Wonocolo, Kabupaten Bojonegoro, sudah lebih dari 100 tahun beroperasi secara tradisional dikelola oleh masyarakat setempat.

Mayoritas warga Desa Wonocolo bergantung hidup pada kelangsungan sumur tradisional tersebut. Secara alami produksi minyak pasti akan mengalami penurunan, sehingga suatu saat tidak dapat diproduksikan kembali.

Cepu Field Manager Agus Amperianto mengatakan Desa Wonocolo ini merupakan sesuatu yang unik. Warga beraktifitas secara tradisional untuk memproduksikan minyak dari sumur-sumur tua sejak lebih dari 100 tahun.

“Untuk menjaga keunikan local heritage disini, kami bersama Pemda Bojonegoro dan dukungan dari seluruh stakeholder mencoba membuat sebuah desa wisata migas yang kami beri nama Petroleum Geoheritage Wonocolo," ujarnya dalam siaran pers, Senin (25/7/2016).

Agus menambahkan pendirian Petroleum Geoheritage Wonocolo ini didasari karena keunikan yang dimiliki oleh struktur geologi di Desa Wonocolo ini. "Disini masyarakat diajak melihat langsung penambangan tradisional yang eksotik, dengan keberadaan tiang penyangga kayu dan dioperasikan secara tradisional. Selain itu ada trek untuk jeep, motor trail dan sepeda," terangnya.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto pun berkesempatan mencoba langsung trek sepeda mengungkapkan Desa Wisata Migas di Wonocolo ini sangat menarik.

"Dengan melintas menggunakan sepeda maupun jeep, selain membuat badan dan pikiran fresh, kita bisa melihat dan membayangkan bagaimana sejarah operasi migas di Indonesia pada masa lampau," paparnya.

Untuk mengelola desa wisata sebagai pusat wisata migas pertama di Indonesia, pihaknya berkolaborasi dengan Paguyuban Warga Desa Wonocolo. Tentu juga dilakukan penanaman pohon di sekitar lokasi sumur tua sebagai komitmen penghijauan.

"Bagi yang ingin tahu sejarah perminyakan di Indonesia, Wonocolo merupakan salah satu tempat yang bisa dikunjungi," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro