Ilustrasi: Kue lapis legit/barukue.com
Kuliner

Lapis Legit Jadi Juara Favorit di Festival Kuliner Azerbaijan

Ropesta Sitorus
Minggu, 24 Juli 2016 - 19:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kuliner asal Indonesia lagi-lagi mendapat penghargaan dari kalangan internasional. Setelah rendang yang sudah sering menjuarai festival kuliner dunia, kali ini Lapis Legit yang kembali mendapat award dalam festival kuliner di Azerbaijan.

Lapis legit, kue khas Indonesia yang juga dikenal dengan nama Spekkoek, dinyatakan sebagai juara II untuk makanan manis kategori negara-negara asing dalam event "The Third International Traditional Sweets Festival" yang digela di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.

KBRI Baku mengikuti ajang bergengsi di Azerbaijan ini dengan membawa 8 jenis kue dan minuman tradisional Indonesia, antara lain pudding kelapa, klepon, lapis legit, lapis Surabaya, putu ayu, centik manis, onde-onde dan es melon. Kue-kue tersebut dipersiapkan oleh tim Dharma Wanita Persatuan Baku.

Tampak antusiasme warga di kota Sheki sangat tinggi terhadap kue-kue dan minuman asal Indonesia. Selain lapis legit, es melon juga sangat digemari, tak heran, karena ketika festival ini diadakan cuaca saat itu sangat cerah dan panas.

Keikutsertaan KBRI dan kemenangan yang diraih pada festival tersebut menjadi kesempatan promosi sekaligus menarik warga Azerbaijan untuk berkunjung ke Indonesia.

“Kita bisa lebih banyak mendapatkan informasi mengenai potensi kerja sama antara Azerbaijan dan Indonesia ke depannya, di bidang pariwisata, perdagangan, maupun investasi,” tutur Duta Besar RI untuk Azerbaijan, Dr. Husnan Bey Fananie dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (24/7/2016).

Festival ini diadakan di Anshagi Karavansaray, yang merupakan komplek bangunan kuno yang berdiri sejak abad ke 19. Peserta yang mengikuti rangkaian festival ini, terdiri dari 22 daerah di Azerbaijan dan 15 negara di dunia.

“Ini merupakan bentuk konsistensi dari KBRI Baku untuk mempromosikan Indonesia dalam semua kesempatan yang ada di Azerbaijan. Tujuannya tentu supaya semua orang bisa mengenal, merasakan dan melihat Indonesia,” Kata Meita Timoer Poerwonggo, Minister Counsellor pada KBRI Baku.

Di kota Sheki, KBRI Baku juga melakukan pertemuan dengan Wali Kota Sheki Elkan Usubov dan mengadakan business meeting dengan 15 pengusaha kota Sheki untuk menjajaki peluang kerja sama bisnis ekspor produk makanan Indonesia ke Azerbaijan serta produk andalan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro