Museum Tsunami/Jibi-Sukirno
Travel

Wow! Kunjungan Museum Tsunami Membeludak

Ipak Ayu H Nurcaya
Sabtu, 9 Juli 2016 - 22:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Jumlah pengunjung Museum Tsunami di Banda Aceh pada Jumat (8/7) atau hari ketiga Lebaran 2016 mencatatkan kunjungan tertinggi sebanyak 18.659 orang dalam satu hari.

Kepala Museum Tsunami Aceh Tomy Mulia Hasan mengatakan hal ini menjadi rekor baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. “Belum pernah dalam sejarah, pengunjung Museum Tsunami bisa sebanyak ini, melonjak 60% dibandingkan dengan hari serupa tahun lalu yang ‘hanya’ 10.040 pengunjung itu,” katanya dalam siaran pers, Sabtu (9/7/2016).

Hasan mengatakan museum berfungsi sebagai wahana edukasi, rekreasi, dan penguat identitas suatu masyarakat. Untuk Museum Tsunami Aceh, sesuai konsep desain 'Rumoh Aceh as escape hill' dari Ridwan Kamil sang arsitek fungsinya ditambah satu lagi, yakni sebagai gedung evakuasi atau perlindungan dari tsunami.

Museum Tsunami dibuka setiap hari, pukul 09.00-16.30 WIB, termasuk hari libur nasional, kecuali hari libur Islam. Tahun lalu, total pengunjungnya 560.228 orang. Sebanyak 5% di antaranya wisatawan asing, mayoritas dari Malaysia.

"Fakta ini membuktikan setidaknya dua hal, yakni betapa tingginya minat pengunjung terhadap pengetahuan tentang Aceh dan tsunami serta sudah amannya Aceh," katanya.

Hasan menambahkan jumlah pengunjung diprediksi akan tetap tinggi dan kembali normal seiring berakhirnya libur Lebaran. Selain sebagai “tugu peringatan”, Museum Tsunami Aceh juga menjadi simbol bagi ketabahan masyarakat setempat dan persaudaraan-kemanusiaan masyarakat dunia kala gempa bertsunami 26 Desember 2004 menerjang Aceh (dan sebagaian Sumatera Utara).

Museum diisi berbagai koleksi memorabilia tsunami serta media berbagi pengalaman dan pengetahuan kebencanaan untuk menggugah respons kritis serta membangun budaya kesiapsiagaan terhadap bencana. Luasnya 2.500 m2, strukturnya empat lantai, atapnya serupa gelombang laut, dan lantai dasarnya mirip rumoh (rumah panggung tradisional) Aceh yang selamat dari tsunami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro