Ilustrasi/Top10inaction
Travel

7 Tips Liburan Menyenangkan

Yanita Petriella
Senin, 4 Juli 2016 - 17:56
Bagikan

SAMARINDA - Libur Lebaran menjadi momen yang menyenangkan. Momen yang hanya terjadi setahun sekali ini, sebaiknya bisa dinikmati seefektif mungkin agar tidak ada waktu yang terbuang percuma.


Seperti yang dikutip Cermati.com, berikut tujuh tips agar bisa menikmati libur lebaran dengan efektif.

1. Matikan Smartphone Selama Liburan

Pada saat liburan, kamu tidak seharusnya memikirkan pekerjaanmu. Fokuskan pikiran untuk menikmatinya dengan baik bersama orang-orang terdekatmu dan buatlah dirimu tenang sejenak.

Caranya adalah dengan mematikan smartphone selama liburan. Kehadiran smartphone dalam kehidupan kita memang sangat membantu terutama dalam hal menghubungkan kita dengan sanak keluarga yang berada jauh dari kita, namun dengan adanya smartphone, kamu juga jadi merasa untuk selalu bekerja kapanpun, dimanapun. Itulah pikiran yang harus kamu hindari selama liburan. Buatlah waktu liburanmu sangat berharga dan efektif dengan cara menghabiskan waktu untuk benar-benar berlibur.

2. Bawa Handphone Yang Khusus Untuk Keluarga

Memiliki 2 handphone saat ini adalah hal yang biasa. Meski banyak orang yang melakukannya untuk ajang bergaya saja, namun sebenarnya cara ini sangat efektif untuk membuat kamu bisa menikmati liburan.

Dengan memiliki 2 handphone, kamu bisa memisahkan handphone yang dipakai untuk bekerja dan handphone untuk orang-orang terdekat.
Pada saat liburan, tinggalkan handphone untuk pekerjaanmu dan bawalah handphone yang khusus hanya untuk orang terdekatmu. Hal ini harus kamu lakukan agar liburanmu tidak terganggu dengan urusan pekerjaan. Ingat, semua orang membutuhkan waktu untuk bersenang-senang juga, tidak harus selalu bekerja.

3. Buat Rencana Kegiatan Yang Jelas

Supaya waktu liburan kamu tidak banyak terbuang untuk hal yang tidak penting, maka kamu harus merencanakan kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan selama libur Lebaran.

Buatlah rencana tersebut dengan jelas dan mendetil. Apabila kamu mau pergi ke daerah lain, cari tahu akomodasi yang tersedia.
Jika kamu membawa kendaraan pribadi, sebaiknya kamu mencari tahu dulu bagaimana medan perjalanan dan jalan mana yang harus kamu tempuh nanti untuk menghindari risiko nyasar yang akan membuang-buang waktu kamu. Dengan memiliki liburan yang terencana dengan jelas, maka kamu bisa memanfaatkan waktu liburan kamu dengan efektif.

4. Hindari Tempat Wisata

Berbeda dengan saran liburan pada umumnya, jika kamu mau menikmati liburan dengan efektif, maka sebaiknya kamu hindari bepergian ke tempat wisata.
Sudah tidak asing lagi bahwa saat-saat liburan, orang akan berbondong-bondong meramaikan tempat wisata sehingga jadi sangat padat dan berdesakan.
Tentu saja hal itu sangat tidak efektif untuk menikmati liburan. Banyak waktu yang terbuang percuma karena keramaian tersebut.

Jadi lebih baik ajaklah keluargamu untuk pergi liburan ke suatu daerah yang tenang dimana kamu bisa berkumpul bersama mereka dengan santai. Pergi ke tempat wisata memang mengasyikkan, tapi apalah maknanya jika kebersamaan dengan keluarga jadi hilang.

5. Bawa Barang Sesuai Kebutuhan

Setelah menyusun rencana dan memutuskan untuk bepergian ke luar kota atau luar negeri, maka sekarang saatnya kamu untuk packing.
Pada saat mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa, kamu harus sudah mengetahui medan liburan kamu nanti, apakah udaranya panas atau dingin dan sedang musim apa di daerah tersebut.

Bawalah barang-barang yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu di tempat liburan tersebut. Karena jika kamu membawa barang yang tidak sesuai, liburan kamu bisa jadi tidak efektif dan malah menjadi runyam. Misalkan kamu mau pergi ke tempat bersalju, bawalah jaket musim dingin agar kesehatan dan perjalanan kamu tidak terganggu. Tidak mau kan sakit pas liburan?

6. Siapkan Budgeting Yang Jelas

Saat bepergian, tentu kamu akan mengeluarkan uang dan jumlah uang yang dikeluarkan bisa jadi tidak terkontrol jika kamu tidak menyiapkan budgeting yang jelas.
Jadi sebelum pergi, pertimbangkan alokasi dana yang jelas, misalkan budget untuk makan, tempat tinggal, akomodasi, dan oleh-oleh.
Aturlah dengan jelas dan dengan perhitungan yang mendetil supaya kamu tidak kehabisan uang saat liburan nanti.

7. Lakukan Hobi yang Produktif

Ubah liburan lebaran kamu dengan melakukan hobi yang produktif. Jika selama ini, kamu terlalu sibuk dengan rutinitas, tak ada salahnya waktu libur kamu gunakan untuk melakukan hobi atau kegiatan yang kamu gemari.
Mulai dari memasak, mendesain, menjahit, menulis, menari, dan lain sebagainya. Agar waktu liburan berjalan efektif, usahakan untuk mencoba hal-hal baru atau mengembangkan ilmu yang sudah kamu miliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Editor : Lutfi Zaenudin
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro