Taman Laut Selat Pantar di Alor, NTT/indonesia.travel
Travel

Promosi Pariwisata: Disparekraf Imbau Masyarakat Vote Potensi Wisata NTT

Newswire
Kamis, 30 Juni 2016 - 18:48
Bagikan

Bisnis.com, KUPANG  - NTT berharap terpilih sebagai pemenangan promosi pariwisata tingkat nasional.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur mengajak semua elemen masyarakat untuk melakukan vote terhadap potensi pariwisata di NTT dalam ajang promosi pariwisata yang diadakan oleh Lembaga Anugerah Pesona Inonesia.

"Hasil seleksi tahap pertama dari ajang promosi pariwisata tersebut melibatkan semua provinsi di Indonesia, NTT mendapatkan enam kategori potensi wisata yang dinilai bisa memiliki brand nasional," kata Kepala Disparekraf Marius Ardu Jelamu kepada wartawan dalam konferensi pers di Kupang, Kamis (30/6/2016).

Enam kategori itu yakni objek wisata terpopuler Pantai Sili Watu di Sumba Barat, situs sejarah terpopuler Rumah Pengasingan Soekarno di Ende, tempat menyelam terpopuler di Pulau Alor, tempat berselancar terpopuler Pantai Nemberala di Pulau Rote, atraksi budaya terpopuler Pasola di Sumba, dan daratan tinggi terpopuler Gunung Kelimutu di Ende.

"Enam kategori potensi pariwisata NTT itu terpilih untuk menuju ke babak selanjutnya sehingga kami mengajak semua masyarakat NTT untuk ikut vote dan target kita tiga kategori menempati urutan pertama, kedua, dan ketiga," katanya.

Menurut dia, peran masyarakat baik yang berada di NTT maupun di luar sangat diperlukan untuk melakukan vote karena jika bisa mencapai final maka potensi pariwisata tersebut akan memiliki brand secara nasional.

Dengan demikian, tambahnya, kepariwisataan di NTT semakin menarik perhatian wisatawan, baik dalam dan luar negeri untuk berkunjung ke daerah berbasis kepulauan ini.

"Jika sudah ada brand yang terkenal secara nasional maupun internasional maka orang-orang dari luar mulai berdatangan sehingga bisa meningkatakan perekonomian masyarakat NTT," katanya.

Di sela-sela konferensi pers tersebut, Marius Ardu Jelamu melakukan simulasi petunjuk teknis untuk melakukan vote secara online.

Pertama, jelasnya, ketik link https://ayojalanjalan.com/vote/.

Setelah masuk ke laman, voters menentukan salah satu pilihan dari kategori-kategori yang disebutkan.

"Kita klik 'Tempat Menyelam Terpopuler' maka akan muncul berbagai pilihan berbagai tempat menyelam terpopuler di Indonesia dengan mengkilk 'Pulau Alor'," katanya.

Selanjutnya, silakan masukan alamat email Anda kemudian klik 'VOTE' pada bagian itu dan Anda bisa melihat notofikasi di akun email.

"Satu akun email satu kali vote sehingga semakin banyak kita ambil bagian untuk vote maka hasilnya lebih baik dan kita berharap semua kategori potensi pariwisata NTT bisa terpilih," kata Marius.

Marius Ardu Jelamu mengatakan pihaknya juga bekerja sama dengan pemerintah daerah termasuk untuk bidang swasta seperti perhotelan, restauran, dan berbagai tempat fasilitas umum untuk sosialisasi.

"Setelah lebaran kami akan sosialisasi untuk vote ke sekolah-sekolah termasuk perguruan tinggi. Vote juga bisa dilakukan secara langsung menggunakan ponsel genggam yang terkoneksi internet," katanya.

Para wartawan dari media cetak, elektornik, dan online juga berpartisipasi mengantre untuk melakukan vote setelah jumpa pers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro