Danau Poso/Indonesia.Travel
Travel

Hijau dan Biru Danau Poso

Nancy Junita
Kamis, 23 Juni 2016 - 07:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Danau Poso, di Kota Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, adalah danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatra Utara, dan Danau Singkarak di Sumatra Barat.

Danau Poso juga merupakan salah satu danau terdalam dan terindah di Indonesia. Danau ini berada di ketinggian 657 meter di atas permukaan laut dan membentang dari utara ke selatan seluas 32.000 Ha dengan kedalaman mencapai 510 meter.

Danau Poso memiliki pemandangan menawan dengan perbukitan dan hutan yang memagarinya. Air danau ini jernih meskipun terjadi banjir di sungai-sungai yang bermuara ke danau ini.

Danau Poso memiliki keunikan lain, yaitu airnya yang berada di tepi danau berwarna hijau sedangkan di tengah danau berwarna biru. Di danau ini masyarakat setempat kadang melihat cahaya seperti lampu yang berpindah-pindah. Itu diyakini sebagai mata dari seekor naga penjaga Danau Poso.

Jika Anda seorang pecinta alam maka pastinya kunjungan ke Danau Poso menjadi pilihan yang menarik karena kawasan ini dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi tanaman cengkeh. Saat cengkeh berbunga pada  bulan Juni hingga November maka akan mengeluarkan aroma harum bunga cengkeh yang khas.

Selain mengundang wisatawan, danau ini juga telah menarik minat peneliti dan investor yang tertarik mengembangkan perikanan di tempat ini. Di Danau Poso hidup sejenis ikan sidat (sogili) yang terbesar di dunia. Di kawasan ini juga terdapat pelestarian tanaman angrek terbesar di Indonsia, salah satunya adalah anggrek hitam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

1 dari 3 halaman
Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : indonesia.travel
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro