Ilustrasi/Womanbizlife
Travel

Susun Rencana Liburan Sendiri atau Dengan Travel Agent? Ini Plus Minusnya

Eka Chandra Septarini
Minggu, 12 Juni 2016 - 17:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memilih pergi dengan menggunakan agen perjalanan atau merencakanan sendiri terkadang membuat galau. Beberapa pertimbangan berikut bisa dijadikan masukan dalam menentukan pilihan menggunakan agen perjalanan ataukah mengatur sendiri perjalanan yang diinginkan. 

Masing-masing tentunya memliki kelebihan dan kekurangan. Berikut beberapa poin yang dihimpun Bisnis.com dari berbagai sumber tentang perjalanan dengan menggunakan agen dan perjalanan yang disusun sendiri.

1. Harga 
Agen perjalanan: Harga ikut tur pasti lebih mahal, karena kita tidak bisa memilih sesuai dengan budget yang dimiliki. Apalagi dengan peserta yang lebih sedikit. Semakin banyak peserta tur biasanya harga akan semakin murah. Namun, bisa jadi peserta yang ikut memiliki karateristik yang beragam sehingga harus bisa menyesuaikan diri.

Jalan sendiri: Harga kemungkinan besar lebih murah jika bisa berhemat dengan menggunakan alternatif yang dimiliki. Selain itu, pilihan bisa berdasarkan anggaran yang dimiliki.

2. Waktu
Agen perjalanan: Tanggal keberangkatan biasanya sudah ditetapkan oleh agen sehingga harus memilih diantara beberapa pilihan tanggal yang ada. Namun, apabila memiliki rombongan sendiri biasanya agen tetap bisa memproses namun dengan biaya yang berbeda. Tanggal yang tersedia oleh agen biasanya hanya saat high season seperti libur sekolah, natal dan tahun baru atau hari-hari libur nasional lainnya. Pada saat dilokasi wisata pun waktu terbatas, karena harus mengejar waktu untuk mengunjungi objek wisata selanjutnya yang telah diatur oleh pihak agen, sehingga kesempatan untuk menikmati suasana terkadang dirasa tidak cukup.

Jalan sendiri: Tanggal fleksibel kapan akan pergi, biasanya dengan pergi saat low season harga justru menjadi murah. Selain itu, waktu berada untuk menikmati satu lokasi wisata ditentukan sendiri. Sehingga bisa benar-benar menikmati. Konsekuensi dan rencana perjalanan benar-benar diperhitungkan sendiri agar tidak kelelahan dalam liburan. 

3. Lokasi 
Agen perjalanan: Tujuan wisata sudah ditentukan oleh tur yang bersangkutan, sehingga hanya bisa memilih lokasi tujuan, berapa lama dan obyek wisata apa yang ada.

Jalan Sendiri: Tujuan wisata ditentukan sendiri sesuai dengan selera dan budget. Sehingga kadang kala ada beberapa destinasi wisata yang tidak umum dikunjungipun bisa didatangi. 

4. Perencanaan
Agen perjalanan: konsumen hanya perlu membaca apa yang tertulis di brosur tour yang ada. Seperti rute hari pertama kemana dan seterusnya, bila setuju tinggal bayar dan tunggu hari H-nya saja tanpa perlu memikirkan detail yang dilakukan. 

Jalan sendiri: Memilih jalan sendiri berarti harus memikirkan rute terbaik, naik apa dan bagaimana bisa sampai ke sana. Cari tiket murah sendiri, cari hotel sendiri, apa-apa saja tempat yang akan dituju dan bagaimana mencapai tempat tersebut. Semua harus dilakukan sendiri dan memakan waktu untuk melakukan riset

5. Fasilitas
Agen perjalanan: Biasanya fasilitas tur cukup mewah seperti hotel minimal bintang 3 lengkap dengan makan selama seharian. Untuk pesawat terbang biasanya memakai full service dengan perjalanan daratnya bus pariwisata. Fasilitas makan di restaurant dengan menu yang sudah disiapkan. 

Jalan sendiri: Mulai dari hotel, makan, dan transportasi benar-benar dikerjakan sendiri. Pilihan untuk tidur di hotel mewah ataukah kelas hostel menjadi pilihan yang kita tetapkan sendiri. Makanan dan sarana transportasi pun menyesuaikan kondisi yang kita miliki. 

Kesimpulan yang Bisnis.com dapat sampaikan dalam memilih dua opsi di atas yaitu :

Bagi yang tidak punya waktu untuk mencari-cari segala sesuatuyang berhubungan dengan perjalanan tour ini sangat membantu karena kita tinggal pilih tujuan, tanggal cocok, bayar. Pada hari H tinggal duduk dan sampai. Bisa menikmati setiap destinasi tanpa perlu memikirkan detail lagi. Semua sudah diatur oleh tour tersebut. Namun, untuk hal tersebut ada harga yang lebih mahal yang dibayar oleh konsumen. 

Bila ingin menyesuaikan dengan budget dan juga tidak keberatan untuk lebih repot dalam menyusun rencana perjalanan, pilihan kedua dapat dilakukan. Dengan pertimbangan lebih murah dan juga sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro