Ilustrasi/Clapway
Travel

Ingin Liburan? Pastikan 5 Hal Kecil Ini Tidak Luput Perhatian

Eka Chandra Septarini
Minggu, 12 Juni 2016 - 16:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bosan dengan rutinitas kerja dan sedang merencanakan liburan, pastikan hal-hal kecil ini tidak luput dari perhatian agar tidak stress ketika tagihan dan cicilan datang kemudian. 

1. Ketahui Budget yang Dimiliki
Seperti dilansir dari huffingtonpost.com pada Minggu (12/6/2016), mengetahui besar budget yang dimiliki sebelum menentukan lokasi liburan bermanfaat untuk mengetahui tempat yang sesuai. Pilihan liburan dalam kota, luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri bisa ditetapkan jika budget telah ditentukan. Jangan sampai memaksakan diri membeli tiket liburan ke luar negeri sementara budget yang dimiliki hanya cukup untuk liburan ke luar kota. 

2. Pilih Moda Transportasi yang Sesuai Budget
Semakin lama waktu tempuh moda transportasi yang dipilih, biasanya semakin murah harga yang diberikan. Biaya perjalanan dengan bus tentu akan lebih murah jika dibandingkan dengan pesawat. Jika tidak diburu-buru waktu tidak ada salahnya memilih liburan dengan menggunakan bus atau kereta api. Selain bisa mendapatkan harga yang lebih murah, bus dan kereta api bisa memberikan bonus pemandangan alam yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan. Namun, jika, waktu yang dimiliki sempit opsi menggunakan pesawat bisa dimasukkan dengan pertimbangan harga tiket yang ditawarkan masih sesuai dengan budget yang dimiliki. Selain itu, aktif mengikuti penawaran promo maskapai penerbangan juga bermanfaat untuk menekan budget liburan. 

3. Lokasi Tempat Tinggal di Tempat Tujuan
Semakin dekat lokasi tempat tinggal yang dipilih dari pusat kota, maka ada kecenderungan harga semakin mahal. Selain itu, lokasi yang dekat dengan stasiun kereta, terminal bus dan akses jalan biasanya juga menjadi faktor penentu harga penginapan di lokasi liburan. Tetapkan pilihan, apakah ingin berwisata dengan konsep tenang yang bisa didapatkan di daerah pinggiran kota dengan harga yang lebih murah, ataukah menikmati suasana kota. 

4. Wisata Gratis
Jika lokasi liburan anda menawarkan banyak lokasi wisata gratis, tidak ada salahnya mencoba untuk masuk seperti perpustakaan, museum atau taman. Belum tentu hal-hal yang gratis tersebut tidak menarik untuk dikunjungi. Bisa jadi, ada pengalaman dan pengetahuan baru yang bisa didapat dengan berkunjung ke sana. Namun, jika ingin menikmati wisata lainnya yang berbayar, sisihkan budget anda dan cari tahu lebih dalam tentang pembelian tiket objek wisata tersebut. Beberapa objek wisata terkadang memberikan potongan harga jika dipesan melalui sistem online atau jika objek wisata di luar negeri, terkadang ada potongan yang diberikan untuk wisatawan mancanegara. Pastikan informasi tersebut sudah didapatkan dengan lengkap dan tepat. 

5. Makan dan Minum
Pergi ke suatu tempat baru memang tidak afdol jika tidak menikmati makanan dan minuman khas setempat. Jika memang menyukai wisata dengan konsep kuliner, pastikan ada budget yang sudah disiapkan untuk menikmati santapan tersebut. Tidak ada kesannya jika sampai dilokasi liburan hanya menyantapi mie instant dengan alasan penghematan. Selain itu, dengan menyantap kuliner setempat, membuat pengalaman baru dalam perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : huffingtonpost.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro