Rendang. /Bisnis.com
Kuliner

Rendang Digemari Warga Mexico City

Newswire
Jumat, 27 Mei 2016 - 11:47
Bagikan

Bisnis.com, LONDON - Rendang, lauk khas Sumatera digemari masyarakat Mexico City yang berkunjung ke paviliun Indonesia di Feria de las Culturas Amigas (FCA) 2016 yang diadakan di Zocalo Capitalino, Pusat Kota Mexico City sejak Sabtu, 21 Mei 2016.

Paviliun Indonesia selama 16 hari mempromosikan aneka produk makanan dan kerajinan khas Indonesia yang ditawarkan usaha kecil dan menengah Tangerang Selatan, Dharma Wanita Persatuan KBRI Mexico City, dan diaspora Indonesia di Meksiko, demikian Pensosbud KBRI Meksiko, Febby Fahrani, Jumat (26/5/2016).

Wakil dari UKM Tangsel di antaranya pengusaha UKM Susi Zamar yang bergerak di bidang kerajinan batik, dan Heny Theong di bidang produk herbal, spa dan kecantikan memperkenalkan aneka produk makanan.

Adapun kerajinan khas Indonesia dari pengusaha UKM Tangsel lainnya, di antaranya sambal roa dan rendang padang, serta pakaian batik, tas dan sepatu tenun, ukiran kayu, taplak batik, dan perhiasan.

Pengunjung menunjukkan animo tinggi membeli aneka produk kerajinan khas Indonesia. Pakaian dan selendang batik  merupakan produk kerajinan yang diminati serta produk kecantikan seperti sampo herbal.

Pengunjung dengan antusias mencicipi dan membeli aneka makanan siap saji seperti sate ayam, lemper, dan es wedang, serta aneka makanan kemasan seperti rendang, teh kemasan, kecap, dan biskuit produksi Indonesia.

Mereka memuji lezat, seusai mencicipi sate ayam yang dipromosikan Warung Makan, satu-satunya restoran makanan Indonesia di ibukota negara Sombrero ini.

Demikian pula dengan rendang yang diusung UKM Tangsel yang disebut picante pero delicioso atau pedas tapi enak, sesuai dengan selera masyarakat Meksiko yang menyukai makanan pedas.

FCA, festival budaya internasional diadakan Pemerintah Kota Mexico City sejak 2009, diikuti 94 perwakilan negara asing untuk Meksiko.

Untuk pertama kalinya Pemerintah Kota Mexico City menyelenggarakan pemilihan stan negara terbaik dengan kriteria produk yang ditawarkan bervariasi dan khas, dekorasi stan yang tertata apik, petugas yang ramah bersahabat, dan informasi mengenai negara yang ditampilkan di stan menarik namun informatif.

Gubernur Mexico City Miguel Mancera yang membuka FCA 2016, optimistis FCA 2016 yang akan ditutup pada 5 Juni 2016 dikunjungi 4 juta orang, melebihi pengunjung FCA tahun lalu yaitu 3 juta orang.

Dubes RI untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan menyampaikan FCA merupakan melting pot mempertemukan beragam budaya mancanegara, termasuk Indonesia.

Ia berharap FCA akan mendekatkan masyarakat Meksiko dengan Indonesia, khususnya dengan keragaman produk kerajinan dan makanan khas yang dapat diperoleh di Meksiko.

Pada kesempatan tersebut, Kelompok kesenian Indonesia beranggotakan penerima beasiswa Darmasiswa, menampilkan tarian Nusantara, antara lain Tari Nandak Ganjen, Tari Rantak, dan Tari Kembang Girang.

Indonesia juga memberikan pelatihan Tari Lenong Betawi di Museum Museo de las Culturas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro