Gunung Selok/.
Travel

WISATA BACKPACKER: Cari Rekan Asik Saat Liburan Pas Budget, Berikut Tipsnya

Eka Chandra Septarini
Minggu, 22 Mei 2016 - 17:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bisa berlibur bersama orang-orang terdekat tentunya menjadi harapan banyak orang. Namun, memilih teman liburan yang tepat akan menambah kesan dalam perjalanan. Jangan sampai, liburan yang seharusnya menjadi penghilang stress malah justru menjadi pemicu stress.

Tidak semua orang bisa dan mau diajak untuk liburan ala backpacker. Jika memang merencanakan liburan dengan konsep hemat ala backpacker, pertimbangkan hal berikut sebelum mengajak teman liburan bersama. Pastikan teman yang diajak liburan tersebut masuk dalam kategori berikut :

1. Mau diajak susah
Teman yang biasanya hanya bisa mengeluh panas, lelah, lapar, dan enggan berjalan kaki atau naik transportasi umum ada baiknya dicoret dari daftar. Tidak mau kan, perjalanan kita hanya repot untuk menunggu satu orang yang tertinggal karena sedang berteduh dari panasnya matahari atau anggaran liburan membengkak lantaran harus menyewa transportasi pribadi. 

2. Fleksibel
Namanya traveling, tentu akan menjumpai suatu kondisi yang memerlukan pertimbangan hingga perubahan itinerary yang tidak bisa diprediksi. Dalam situasi seperti itu, kehadiran seorang teman yang santai dan fleksibel akan sangat membantu acara jalan-jalan. Teman yang fleksibel tentu mengerti bagaimana cara menempatkan diri dengan situasi yang kerap berganti saat traveling. 

3. Menyukai hal yang sama
Liburan dengan teman yang punya kebiasaan sama, membuat kita dapat menentukan ritme atau pola traveling dengan lebih mudah. Misalnya lebih senang dengan pola "go show" atau tanpa persiapan sama sekali. Ada pula yang harus detail dan terperinci dalam menyusun rencana liburan. Yang manapun tipenya, ketika menyukai hal yang sama akan lebih mudah didiskusikan. 

4. Dekat dan Nyaman
Biasanya teman yang sudah terbiasa bersama akan menumbuhkan kedekatan serta memberikan rasa nyaman. Hal ini berguna seandainya ada masalah dalam liburan, tidak ada kata segan dan sungkan untuk mengungkapkan pendapat. Masing-masing sudah mengetahui karakter satu sama lain sehingga lebih mudah dalam menyampaikan pendapat. 

5. Hindari Grup Besar
Selain akan memakan banyak waktu untuk saling menunggu, menyatukan keinginan banyak orang untuk liburan yang kita rencanakan sendiri cenderung lebih susah. Namun, bila memang telah mempercayakan liburan pada travel agent, grup besar bisa menjadi alternatif untuk menekan biaya. 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro