Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Raya Waisak, Candi Muara Takus Ramai Dikunjungi Wisatawan Asing

Objek Wisata Candi Muara Takus di Kampar, Riau mulai ramai dibanjiri wisatawan asing menjelang Hari Raya Waisak yang jatuh pada tanggal 22 Mei 2016.
Candi Muara Takus di Riau/indonesiatravel
Candi Muara Takus di Riau/indonesiatravel

Bisnis.com, PEKANBARU - Objek Wisata Candi Muara Takus di Kampar, Riau mulai ramai dibanjiri wisatawan asing menjelang Hari Raya Waisak yang jatuh pada tanggal 22 Mei 2016.

Bupati Kampar Jefry Noer mengatakan situs peninggalan Kerajaan Siriwijaya itu selalu dibanjiri wisatawan asing saat perayaan hari Agama Budha. 
Pemerintah Kabupaten Kampar dan pengelola cagar budaya akan memelihara ritual adat Candi Muara Takus untuk menambah kunjungan wisatawan asing.

 "Pemerintah sedang memikirkan bagaimana ritual adat di Candi agar terus digelar. Karena ritual adat itu memancing minat pelancong dari luar negeri," kata Jefry Noer, Jumat (20/5/2016). 

Namun, pemerintah dan pengelola candi mengalami kendala dalam mempromosikan ritual adat. Masyarakat Kampar yang didominasi umat muslim masih cenderung tidak menerima budaya lain dan juga cenderung fanatik.

"Pemerintah dan pengelola masih mencari cara untuk menyiasati masalah itu," katanya. 

Pemerintah Provinsi Riau dan Pemkab Kampar tengah membangun infrastruktur jalan akses menuju pintu masuk candi. Saat ini, kases jalan masih sulit bagi pengendara sepeda motor dan mobil. 

Pelancong yang ingin berwisata ke Candi Muara Takus, Kampar, Riau terpaksa melewati akses jalan yang rusak karena pembangunan akses jalan baru selesai pada  2017.

Pembangunan akses jalan baru itu akan dibangun pada pertengahan tahun ini.  Pembangunan jalan aspal itu memakan waktu dua tahun. Akses jalan 18 kilometer menelan anggaran Rp45 miliar. 

Selain pembangunan akses jalan baru, juga akan diperlebar jalan ke Candi Muara Takus untuk mempermudah akses wisatawan menjangkau lokasi wisata. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler