Pulau Pombo/ambon.go.id
Kuliner

Chef Bara Promosikan Kohu-kohu Kuliner Khas Ambon di Hotel Internasional

Newswire
Selasa, 10 Mei 2016 - 15:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Juru masak (Chef) Bara Pattiradjawane mempromosikan kuliner khas Ambon "kohu-kohu" ke chef dan hotel internasional. "Kuliner khas Ambon kohu-kohu saat ini masuk dalam menu hotel Darmawangsa salah satu hotel bintang lima di Jakarta, serta dipelajari sejumlah chef ternama," katanya di Ambon, Senin.

Menurut dia, kohu-kohu menyerupai urap jawa tetapi isiannya jauh berbeda karena terbuat dari campuran sayuran mentah yang diaduk secara bersama dengan kelapa parut. Sayuran kohu-kohu seperti kacang panjang, tauge, daun kemangi diaduk bersama irisan bawang merah mentah, kelapa parut dan ikan cakalang. "Campurannya banyak sayuran mentah tapi yang membuatnya khas itu adanya suwiran ikan cakalang asap, serta perasan lemon cina (jeruk cina)," katanya.

Bara menyatakan, sebelum disantap kohu-kohu terlebih dahulu diberi perasan air jeruk lemon cina agar ada rasa asam segar yang khas. Masyarakat Ambon menjadikan kohu-kohu sebagai makanan sehari-hari, baik untuk dikonsumsi keluarga atau untuk acara perayaan besar seperti pesta pernikahan atau syukuran. "Kohu-kohu merupakan menu sehari-hari yang sederhana, tetapi jika disajikan dengan tampilan menarik akan menjadi menu interasional," ujarnya.

Diakuinya, Ambon memiliki banyak makanan berbahan dan bumbu rempah lokal yang belum banyak dikenal masyarakat. "Pengukuhan saya sebagai duta kuliner Ambon akan dimanfaatkan dengan baik untuk mempromosikan berbagi kuliner berbahan rempah lokal yang selama ini belum banyak dikenal masyarakat luar," tandasnya.

Ia menjelaskan, selain menu kohu-kohu aneka rempah serta bahan pangan lokal seperti sagu dan buah atong memiliki khasiat luar biasa dan harus dipublikasikan. "Kalau di Jepang ada sashimi dan penangkalnya washabi, di Ambon juga ada Kohu-kohu yakni ikan mentah yang dicampur dengan buah Atong, yang diolah untuk dimakan mentah dan tidak mengakibatkan sakit perut," katanya. Bara menambahkan, kuliner Ambon itu unik dan patut dicicipi oleh masyarakat di luar Maluku.

"Kuliner Ambon memiliki kesamaan dengan masakan Manado, tetapi ada hal berbeda yang harus ditampilkan oleh masyarakat itu sendiri. Selain kuliner Ambon juga memiliki keindahan wisata alam maupun budaya ," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro