Keindahan terumbu karang di dalam laut Raja Ampat, Papua Barat/Antara
Travel

Budaya Beri Nilai Tambah Pariwisata Raja Ampat

Duwi Setiya Ariyanti
Sabtu, 30 April 2016 - 08:20
Bagikan

Bisnis.com, MAMBERAMO -  Mengangkat nilai kebudayaan seperti tarian dan musik menurut Direktur Utama PT Pertamina (persero) Dwi Soetjipto bisa memberi nilai tambah bagi pariwisata di Raja Ampat, Papua.

Menurutnya, Raja Ampat bisa memiliki daya tarik selain dari potensi wisata alamnya. Bukan hal baru bagi Raja Ampat yang menjadi surga bagi para pencinta pantai dan olahraga menyelam. Keunikan Raja Ampat dari segi kebudayaan, ujarnya, adalah modal lain yang juga bisa dijual.

Seperti tarian penyambutan tamu khas Raja Ampat yang membuat siapapun yang berkunjung merasa hangat dengan keramahan warganya. Tabuhan gendang, petikan gitar serta tarian dan nyanyian membuat pengunjung larut dalam suasana.

"Adat dan seni akan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Raja Ampat lebih banyak lagi," ujarnya dalam peresmian Rumah Seni di Desa Sawinggrai, Raja Ampat, Papua, Jumat (29/4/2016).

Melalui program tanggung jawab sosial perusahaan, pihaknya menginginkan agar potensi yang ada berkontribusi membangun masyarakat Raja Ampat. Pasalnya, akses pendidikan juga listrik tergolong minim karena tempat tinggal masyarakat berada di gugusan kepulauan Raja Ampat yang hanya bisa diakses melalui kapal.

Rumah seni yang akan menjadi wadah pengembangan kebudayaan dibangun dengan biaya Rp750 juta. Sementara, alat musik dan peralatan tari Rp170 juta. Beasiswa, pendirian klinik gigi pun menjadi perhatian guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Mereka [masyarakat Raja Ampat] enggak usah jauh-jauh dengan biaya yang tinggi keluar dari Papua untuk menuntut ilmu," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro