Ilustrasi/Antara-Nyoman Budhiana
Travel

4 Bandara Didorong Kembangkan Sektor Pariwisata

Fatia Qanitat
Kamis, 28 April 2016 - 08:53
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. bersama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Angkasa Pura I (Persero) menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) di bidang kerja sama integrasi antarmoda transportasi.

Kerja sama itu dilakukan untuk mewujudkan komitmen dalam mendukung potensi pariwisata Indonesia dan program pengembangan jaringan yang dilaksanakan secara berkelanjutan.

Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo mengatakan bahwa penandatanganan MoU pada hari ini merupakan langkah strategis Garuda dalam mendukung pengembangan pariwisata, sekaligus memperluas jaringan Garuda di Indonesia bagian Tengah dan Timur.

Kerja sama integrasi antarmoda transportasi ini akan diterapkan di empat bandara di Tengah dan Timur Indonesia yaitu Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Internasional Kulonprogo Yogyakarta, dan Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo.

“MoU yang ditandatangani pada hari ini akan ditindaklanjuti dengan berbagai bentuk kerja sama strategis antar-BUMN yang mencakup kerja sama pelayanan penumpang, juga integrasi program advertising dan marketing. Ke depannya kami berharap kerja sama ini dapat terus dikembangkan, bahkan dengan BUMN lain” tutur Arif dalam keterangan resmi, Kamis (28/4/2016).

Penandatanganan dilakukan di Candi Prambanan, Yogyakarta, oleh masing-masing Direktur Utama ketiga BUMN yaitu M. Arif Wibowo (Garuda Indonesia), Edi Sukmoro (PT Kereta Api Indonesia), dan Sulistyo Wimbo Hardjito (Angkasa Pura I), dan disaksikan oleh Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno. Pada kesempatan itu, diluncurkan pula “Spirit Joglosemar” yang melibatkan total sinergi 12 BUMN.

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno mengungkapkan kebanggaannya dalam menyaksikan sinergi BUMN yang terlaksana dalam mendukung pariwisata Indonesia.

“Kita semua menyadari bahwa untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Negeri membutuhkan usaha dan komitmen dari berbagai pihak. Hari ini, kita menyaksikan sinergi yang diwujudkan oleh Garuda, KAI dan AP-I dalam kerja sama integrasi antarmoda transportasi, yang tentu saja diharapkan akan memberikan pelayanan dan kenyamanan yang lebih baik dan nilai lebih kepada seluruh pengguna jasa dari masing-masing BUMN yang terlibat” papar Rini.

Dalam MoU tersebut, Garuda Indonesia, PT KAI dan Angkasa Pura I sepakat akan mengintegrasikan layanan penumpang – yang merupakan pengguna jasa dari ketiga BUMN – termasuk city check-in, penanganan bagasi, ruang tunggu penumpang, dan informasi / jadwal penerbangan dan kereta api, untuk mewujudkan perjalanan wisata maupun bisnis yang dilaksanakan lebih smooth dan nyaman.

Di samping itu, MoU tersebut juga akan dikembangkan pada berbagai bentuk kerja sama lainnya seperti kerja sama pemasaran, advertising, dan bentuk joint promotion lainnya.

Tahun lalu, Garuda Indonesia telah melaksanakan kerja sama dengan PT KAI di bidang “Corporate Sales”, dimana Garuda Indonesia menjadi maskapai penerbangan resmi bagi karyawan beserta keluarga di seluruh unit PT KAI dan afiliasinya, dan berlaku untuk perjalanan dinas maupun perjalanan non dinas.

Melalui kerja sama tersebut, Garuda Indonesia memberikan harga khusus (special corporate fare) bagi PT KAI untuk semua rute domestik dan internasional, dengan layanan tambahan antara lain berupa tambahan muatan bagasi (excess baggage) sejumlah 10 kg, konter check-in khusus pelanggan korporat di bandara, prioritas reservasi dan pembukuan grup, cargo, dan berbagai benefit lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatia Qanitat
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro