Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengunjung Taman Nasional Baluran Melonjak

Otoritas Taman Nasional Baluran (TNB) menyebut, jumlah wisatawan meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini.
Taman Nasional Baluran di Situbondo/indonesia travel
Taman Nasional Baluran di Situbondo/indonesia travel

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Taman Nasional Baluran (TNB) menyebut, jumlah wisatawan meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Lonjakan jumlah pengunjung itu terjadi terus-menerus sejak 2012. Data TNB menyebut, pada 2012, wisatawan yang berkunjung tercatat sebanyak 36 ribu.

Kenaikan jumlah kunjungan itu meningkat menjadi 39 ribu pada 2013. Pada 2014, terjadi lonjakan jumlah wisatawan menjadi 58 ribu. Lonjakan peningkatan jumlah wisatawan kembali terjadi pada 2015 menjadi 93 ribu pengunjung.

Juru bicara Taman Nasional Baluran, Mahrudin, membenarkan ihwal terjadinya lonjakan jumlah wisatawan itu. Mahrudin mengklaim peningkatan jumlah pengunjung ini lantaran beberapa faktor.

Pertama, animo untuk berwisata ke alam bebas sembari melihat keliaran satwa semakin tinggi.

"Mungkin mereka sudah bosan pergi ke mal," kata Mahrudin, Kamis (21/4/2016).

Selain itu, TNB memang gencar berpromosi keluar, seperti pameran serta melalui website dan biro atau agen wisata. Perbaikan infrastruktur juga diyakini menjadi faktor peningkatan jumlah wisatawan.

Mahrudin mengatakan, pengunjung TNB sangat beragam, dari khalayak umum hingga akademikus dan peneliti, baik dari dalam maupun luar negeri.

Wisatawan dengan minat khusus biasanya melakukan pengamatan burung (bird watching) atau satwa lainnya. Sebagian besar wisatawan datang untuk menikmati keindahan panorama alam Baluran serta melihat satwa di alam bebas.

Baluran juga dikenal sebagai Little Africa di Jawa karena pemandangan alamnya serta satwa liarnya yang mirip di Afrika. Apalagi ketika musim kemarau datang. Hamparan padang savana dengan latar Gunung Baluran tampak sangat memanjakan mata yang melihatnya.

Luas TN Baluran sekitar 25 ribu hektare, yang terdiri atas hutan, savana, gunung, dan pantai. Beragam jenis satwa liar hidup di kawasan ini, seperti rusa, kerbau, banteng, monyet ekor panjang, dan merak.

Kawasan TN Baluran berada di Situbondo dan berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi. Terdapat sarana penginapan, baik di dalam maupun luar kawasan.

 Penginapan di dalam kawasan memang terbatas jumlahnya. Namun pengunjung bisa menyewa kamar homestay milik warga desa yang lokasinya tidak jauh. Harga sewa homestay per kamar minimal Rp50 ribu - Rp400 ribu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler