Danau Tondano di Sulawesi Utara/Antara
Travel

Dari Danau Tondano Bisa Lihat Keindahan Laut Maluku

Nancy Junita
Selasa, 19 April 2016 - 16:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Danau Tondano adalah tujuan wisata yang terkenal di Provinsi Sulawesi Utara.

Danau ini berada 600 meter di atas permukaan laut dan meliputi area seluas 4.278 hektare, terletak di desa Remboken, sekitar 3 km dari kota Tomohon atau 30 km dari Manado.

Danau Tondano dikelilingi pegunungan setinggi 700 meter, yaitu Gunung Lembena,  Kaweng, Tampusu dan Masarang. Danau ini mencakup tiga kecamatan, yaitu Eris, Kakas dan Remboken. Dari sisi danau, Anda dapat melihat dengan jelas Gunung Kaweng.

Danau Tondano memiliki daya tarik wisata yang disebut "Sumaru Endo" Remboken, dan Resor Wisata Bukit Pinus (dari Tondano menuju Toliang Oki).

Dari sisi danau di Toliang Oki dan Tondano Pante, Anda dapat melihat laut Maluku yang indah, di luar bukit Lembean. Biaya Masuk ke objek wisata ini adalah Rp4.000 ditambah asuransi.

Penduduk lokal biasanya menjual ikan Nike kecil yang dibuat menjadi bakso ikan, atau  waku-waku bolanga (sejenis ikan bakar). Anda dapat menikmati hidangan Nike di restoran atau warung makanan di sekitar danau.

Berkeliling

Pengunjung dapat menggunakan perahu di sekitar danau dengan biaya Rp50.000, tetapi perahu biasanya menunggu sampai dipenuhi 10 penumpang.

Di tengah danau ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Likri. Sayangnya, Anda tidak dapat berhenti di pulau ini karena perahu mengikuti rute yang berbeda.

Selain itu, juga dapat melihat masyarakat setempat menangkap ikan Nike menggunakan jaring yang menyerupai sendok dengan tongkat bambu di kedua sisinya.

Transportasi

Dari Tomohon ke Danau Tondano berjarak sekitar satu jam dengan berkendara melalui jalan berliku. Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau naik angkutan umum dari Manado atau Tomohon.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Indonesia Travel
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro