Puncak Darma, salah satu sisi keindahan Ciletuh Geopark./papsiciletuh.com
Travel

Yuk, Wisata ke Ciletuh Geopark, Sukabumi

Newswire
Rabu, 13 April 2016 - 12:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda mengunjungi lokasi wisata bernama Ciletuh Geopark?

Ciletuh Geopark adalah kawasan wisata taman alam batuan tua yang terdapat di Sukabumi, berjarak sekitar 135 km dari Kota Sukabumi.

Kawasan ini telah mendapatkan sertifikat sebagai geopark nasional dari Komite Nasional Indonesia untuk Unesco dan Kementerian ESDM.

Ciletuh Geopark dinilai layak mendapatkan sertifikat dari Unesco mengingat keragaman fenomena geologi, keragaman biologi, dan keragaman budaya yang terdapat di sana.

Pemprov Jawa Barat kini menargetkan agar pada 2017 kawasan Ciletuh geopark dikukuhkan Unesco sebagai geopark internasional.

Pemandangan yang ditawarkan Ciletuh sangat indah karena memiliki air tejun, tebing, perbukitan sampai pantai.

Batuan alam yang terdapat di geopark ini merupakan hasil sedimentasi berbagai fosil, patahan, dan lempengan bumi puluhan juta tahun silam.

Untuk mempopulerkan Ciletuh geopark ini, Pusat Penelitian dan Kebencanaan Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan bertema "Kartini goes to Ciletuh Geopark" pada 15-17 April 2016 mendatang

Kegiatan tersebut sekaligus untuk memperingati Hari Kartini dengan melibatkan 21 wanita dari berbagai profesi, ibu rumah tangga sampai mahasiswa dari berbagai jurusan di Unpad.

Kepala Puslit dan Kebencanaan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Unpad, Prof Mega Fatimah Rosana melalui siaran persnya, Rabu (13/4/2016), mengatakan kegiatan itu untuk mempromosikan Ciletuh Geopark sebagai salah satu tujuan wisata di Jabar.

"Sekaligus untuk memperkenalkan kegiatan wisata yang bersih. Bersamaan dengan peringatan Hari Kartini untuk mengedepankan citra perempuan Indonesia," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kartini Ciletuh dari Kreasindo Komunika, Juston Pangaribuan, menyebutkan ke-21 wanita peserta kegiatan tersebut memiliki kesamaan.

Mereka menyukai petualangan dan berani mencoba ke luar dari rutinitas keseharian mereka.

Para Kartini modern ini akan mendatangi sejumlah lokasi Ciletuh Geopark seperti Curug (air terjun) Awang, Curug Tengah, Puncak Manik, Curug Sodong, Curug Cimarinjung, dan Curug "non name".

Hari kedua, mereka akan melakukan perjalanan menuju Puncak Dharma dan di lokasi tersebut akan ditancapkan Bendera Merah Putih dan bendera Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam (PMPA) PALAWA Unpad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro