Kawasan Ginza di Tokyo Jepang/wikimedia.org
Travel

Genjot Wisatawan, Jepang Bangun Restoran Halal

Novita Sari Simamora
Kamis, 11 Februari 2016 - 14:07
Bagikan

Bisnis.com, TOKYO--Untuk menyambut Olimpiade 2020 dan meningkatkan daya tarik wisatawan asing dari negara mayoritas Islam, Jepang kini berbenah meningkatkan restoran halal.

Direktur Kebijakan Ekonomi Kementerian Luar Negeri Jepang Tetsuya Otsuru mengungkapkan jumlah restoran Jepang di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 500 restoran. Menurutnya, angka tersebut menunjukkan antusias masyarakat Indonesia terhadap makanan Jepang. Dia mengungkapkan menjamurnya restoran Jepang di Indonesia, sejalan dengan penaikan kunjungan wisatawan Indonesia ke Indonesia.

"Kami sedang mengembangkan restoran halal. Karena cukup banyak wisatawan dari Indonesia, Brunei dan Timur Tengah yang mencari makanan halal di Jepang," ungkapnya saat ditemui di Tokyo, Senin (8/2). Otsuru menuturkan jumlah restoran Jepang di dunia sejak 2013 lebih dari 34.000 restoran. Sedangkan jumlah restoran Jepang di Asia mencapai 20.000 unit restoran. Pada 2020, Jepang akan menjadi tuan rumah perhelatan Olimpiade.

Menurutnya, label makanan halal dinilai perlu sebab pada Olimpiade 2020 diprediksikan akan ada kebutuhan makanan halal. "Ini akan menjadi pasar yang besar buat Jepang," tuturnya.

Adapun kesulitan yang kini tengah dihadapi oleh restoran di Jepang dalam mengembangkan makanan halal yakni biaya yang cukup mahal untuk meraih sertifikat halal pada restoran. Dia mengungkapkan perdana menteri akan mendukung program pelabelan makanan halal dan membuat pedoman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro