Ilustrasi - Vanilla Milky Pie (Foto: Dokumentasi Maul Patisserie)
Kuliner

Ingin Berbisnis Kue Pie? Simak Dulu Tips Berikut Ini

Ropesta Sitorus
Kamis, 11 Februari 2016 - 20:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Prospek dalam bisnis pie memang cukup cerah. Peluang margin labanya cukup besar yakni sekitar 50% dari pendapatan kotor. Agar potensi keuntungan tersebut dari bisnis kuliner tersebut bisa didapatkan, maka pelaku usaha juga perlu bersiasat. 

Berikut ini beberapa tip yang dapat diperhatikan jika pewirausaha ingin membuat bisnis pie rumahan agar dapat berkembang sekaligus memenangkan persaingan.  

  1. Produk yang crunchy. Selain ditentukan oleh toppingnya, pie yang enak sangat dipengaruhi oleh crust atau kulit pie. Bahan dasar ini harus dibikin crunchy, tidak lembek tetapi juga tidak keras.  Hal ini ditentukan tingkat kematangan dan juga tebal kulit jangan lebih dari 1cm.
  2. Berlatih dan berkreasi menambah varian. Pewirausaha harus bisa kreatif untuk membuat menu produk baru agar konsumen tidak bosan. Untuk memperkaya varian, perbanyak informasi dari berbagai referensi. Perhatikan tren-tren terbaru dan, jika mungkin, ciptakanlah tren yang baru.
  3. Ciptakan dan pertahan ciri khas. Pelaku usaha harus memiliki ciri khas yang membuat orang mudah mengenali produk. Buatlah sesuatu yang unik, lain dari yang lain. Keunikan ini bisa dalam hal produknya, pengemasan, maupun sistem produksi.
  4. Rasa kue yang enak. Dalam bisnis makanan, faktor rasa sangat menentukan peluang untuk diterima pasar. Bahkan tak jarang kuliner yang memang memiliki kualitas baik akan diburu pelanggan meski tanpa promosi besar-besaran. Gunakan bahan berkualitas untuk mendapatkan rasa yang enak sebab bahan baku sangat berpengaruh pada rasa kue yang dihasilkan.
  5. Siapkan seasonal menu. Tak ada salahnya menciptakan produk-produk khusus yang hanya dirilis pada event tertentu. Manfaatkan momen-momen seperti Valentine, Imlek, Lebaran, Natal dan Tahun Baru untuk meningkatkan penjualan. Pada masa seperti ini, permintaan akan bertambah banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro