Salmon/newhealthguide.org
Kuliner

PERAYAAN IMLEK: Memahami Filosofi Hidangan Tahun Baru China

Azizah Nur Alfi
Sabtu, 6 Februari 2016 - 13:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Yu Sheng merupakan salah satu menu wajib pada perayaan Imlek. Ternyata, menu wajib ini memiliki makna dan filosofi yang bermuara pada sebuah pengharapan pada satu tahun mendatang.

Yu Sheng terdiri dari delapan komponen a.l. irisan selada, kol ungu, wortel, dan lobak yang disusun seperti kerucut, ikan salmon, crackers, saus plum, wijen putih, minyak wijen, kacang tumbuk, dan air jeruk nipis. Warna-warni dari masing-masing komponen memiliki harapan atas perjalanan satu tahun mendatang.

District Manager Din Tai Fung, Benediktus, menuturkan jumlah delapan komponen pada menu Yu Sheng melambangkan keberuntungan.

Sebab, angka 8 dalam bahasa China yaitu Fa, yang artinya memanen berkah. Atas dasar ini, sebagian besar orang percaya bahwa nomor ini akan membawa keberuntungan dan kesuksesan dalam satu tahun mendatang, jika diaplikasikan dalam kegiatan mereka.

Sementara itu, komponen lain seperti crackers yang berwarna coklat keemasan melambangkan koin emas yang berarti rezeki.

Ikan salmon melambangkan kemakmuran dan berkah yang melimpah. Penggunaan ikan salmon karena merupakan jenis ikan terbaik dan kaya omega 3. Disamping karena ikan salmon adalah ikan mahal. Sementara itu, rasa manis pada saus plum memiliki harapan pada kehidupan yang manis pada satu tahun mendatang.

Sebelum disantap, tahap pertama yakni ikan salmon disiram air jeruk nipis yang diiringi dengan doa Ta Ci Ta Lie (semoga banyak rezeki), kemudian sisihkan.

Tahap berikutnya, tuang biji wijen dan kacang tumbuk pada tumpukan sayuran yang berbentu kerucut, diikuti saus plum dan minyak wijen, potongan ikan salmon, dan crackers. Ikan salmon yang dituang terakhir karena tersimpan harapan bahwa setiap tahun akan ada kelebihan.

Saat anggota keluarga menuang satu per satu komponen Yu Sheng akan diikuti dengan doa. Tahap terakhir, setiap anggota keluarga berdiri dan bersiap memegang sumpit masing-masing, kemudian bersama-sama mengaduk Yu Sheng.

"Makin tinggi adukannya, dipercaya akan makin tinggi rezekinya. Semakin rata adukannya, semakin rata rezekinya," terang Benny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro